by

Wabup Subandrio Tegaskan Komitmen Pemkab Sekadau Dukung Maulid Tradisional

Wabup Subandrio Tegaskan Komitmen Pemkab Sekadau Dukung Maulid Tradisional

KalbarOnline, Sekadau – Wakil Bupati Sekadau Subandrio menghadiri perayaan maulid tradisional yang digelar Majelis Taklim Al-Barzanji Maulid Tradisional (MTAMT) Kabupaten Sekadau. Perayaan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah itu dilangsungkan di Masjid Al-Kahfi, Desa Mungguk, Kabupaten Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir, Minggu, 2 Januari 2022. Turut hadir ketua masjid setempat, para alim ulama, dan para jamaah maulid.

Masyarakat setempat berbondong-bondong memadati masjid dengan membawa berbagai makanan dari rumah masing-masing untuk disuguhkan kepada jamaah MTAMT. Tradisi ini sudah turun-temurun dilakukan oleh warga setempat. Acara diawali dengan pembacaan kalam ilahi dan gunting rambut balita setempat.

Wabup Subandrio mengapresiasi atas terselenggaranya maulid tradisional tersebut. Menurut dia, perayaan maulid kegiatan positif dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Sekaligus merupakan bukti kecintaan masyarakat Kabupaten Sekadau terhadap Rasulullah. Namun demikian, ia mengimbau para jamaah untuk tetap disiplin protokol kesehatan.

Wabup Subandrio mengajak para jamaah maulid memaknai peringatan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW sebagai media introspeksi diri.Wabup Subandrio Tegaskan Komitmen Pemkab Sekadau Dukung Maulid Tradisional

 

 

“Sejauh mana kita sebagai individu, masyarakat serta umat-umat telah menjalankan ajaran-ajaran yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan meneladani kepribadiannya yang baik,” kata Wabup.

Subandrio juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sekadau sangat mengapresiasi pelaksanaan maulid nabi tradisional yang digelar oleh MTAMT Sekadau. Selama 120 hari belakangan ini, MTAMT telah berkeliling ke surau-surau dan masjid-masjid untuk melaksanakan maulid tradisional di Kabupaten Sekadau.

“Pemerintah daerah memberikan apresiasi dengan pelaksanaan maulid tradisional ini,” katanya.

Diketahui, MTAMT setiap tahunnya melaksanakan maulid tradisional dengan berkeliling ke setiap desa-desa se-Kabupaten Sekadau. Di mana, dalam pelaksanaanya dibagi menjadi tiga zona. Di mana Kecamatan Sekadau Hilir dan Sekadau Hulu masuk dalam zona 1 pelaksanaan Maulid Tradisional MTAMT Sekadau. Sementara zona 2 meliputi Kecamatan Nanga Taman dan Nanga Mahap. Sedangkan zona 3 meliputi wilayah Belitang.

BACA JUGA:  Ketua IWO Sekadau Dianiaya Oknum Pengurus Parpol

“Yang bisa dipetik dari ini (maulid), bahwa penyampaian siar agama, siar kebangsaan, keberagaman lewat dakwah itu sampai kepada masyarakat,” kata Subandrio.

Ia juga mengatakan, pelaksanaan maulid tradisional ini penuh dengan nuansa agama dan kebaikan untuk anak bangsa.

“Tentunya, Pemerintah Daerah sangat mendukung. Karena kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi dengan kekeluargaan dan gotong-royong,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Sekadau Zainal, Ketua DPC Partai Ummat Sekadau Ruslan AG, Camat Sekadau Hilir, Ketua PHBI Kabupaten Sekadau, Ketua MTAMT Sekadau, Kepala Desa Mungguk dan tokoh masyarakat serta jamaah MTAMT. (Mus)

Comment

Terbaru