by

Tagana Masuk Sekolah di Melawi, Siapkan Generasi Sadar Bencana Sejak Dini

Tagana Masuk Sekolah di Melawi, Siapkan Generasi Sadar Bencana Sejak Dini

KalbarOnline, Melawi – Untuk menciptakan generasi yang sadar dan siap siaga terhadap bencana sejak dini, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Melawi melaksanakan program Tagana Masuk Sekolah (TMS). Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMTK Nanga Pinoh, Rabu (1/12/2021).

Kepala Bidang, Perlindungan, Jaminan Sosial dan Fakir Miskin Dinas Sosial Melawi Elisabet mengatakan, kegiatan ini merupakan program nasional dari Kemensos RI.

Elisabet menjelaskan, selain di SMTK Nanga Pinoh, kegiatan yang sama juga akan dilakukan di MTSn dan SDN 19 Nanga Pinoh.

“Pembiayaan kegaiatan ini bersumber dari Dinas Sosial Provinsi Kalbar,” ujarnya.

Dia menuturkan, gerakan nasional ini untuk menyiapkan dan meningkatkan kesadaran terhadap ancaman bencana kepada generasi muda.

“Personel Tagana masuk ke sekolah-sekolah dan mengajarkan berbagai materi pengetahuan terkait bencana. Materi yang diberikan diantaranya materi dasar upaya Pengurangan Risiko Bencana (PRB), Logistik dan Shelter,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, peserta yang merupakan pelajar akan mempunyai pengetahuan tentang bencana tingkatan dasar, sehingga mereka mampu menyelamatkan diri sendiri dan evakuasi sederhana bila terjadi bencana.

Sementara itu, Koordinator Tagana Melawi, Adang Wahyudi mengungkapkan, masyarakat khusunya di Melawi harus siap dalam menghadapi bencana. Pasalnya, sejumlah kawasan rawan banjir dan longsor.

“Dengan pengetahuan mitigasi bencana diharapkan dapat membangun masyarakat tanggap bencana. Salah satu edukasinya melalui TMS ini,” pungkasnya.

Comment

Terbaru