by

Wagub Ria Norsan Hadiri Peringatan Hari Jadi ke-76 Korps Marinir

Wagub Ria Norsan Hadiri Peringatan Hari Jadi ke-76 Korps Marinir

KalbarOnline, Mempawah – Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan menghadiri Peringatan Hari Jadi ke-76 Korps Marinir di Mako Yonmarhanlan XII Desa Kuala Secapah Mempawah, Selasa (30/11/2021).

Bupati Mempawah Erlina, jajaran Forkopimda Provinsi Kalbar dan Kabupaten Mempawah, Komandan Batalyon Marhanlan XII/Ptk, Purnawirawan Marinir, serta beberapa pengurus organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Mempawah turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Wagub mengatakan, Korps Marinir TNI AL merupakan pasukan pendarat dan aset utama dalam proyeksi kekuatan dari laut hingga darat, serta selalu siap menghadapi penugasan dan hadir untuk menyelesaikan setiap permasalahan bangsa.

Wagub Ria Norsan Hadiri Peringatan Hari Jadi ke-76 Korps Marinir

“Para prajurit Korps Marinir TNI AL diharapkan selalu memegang teguh amanah untuk melanjutkan perjuangan serta membangun bangsa secara bersama-sama dengan rakyat,” kata Wagub Kalbar.

Kemerdekaan yang saat ini dirasakan Bangsa Indonesia, kata dia, tidak datang begitu saja. Tetapi, memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pahlawan dan pendahulu negeri, seperti pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kemudian dikenal dengan Hari Pahlawan.

“Maka dari itu, alangkah eloknya jika Hari Pahlawan bukan hanya sekedar diingat dan diperingati secara seremonial saja. Tetapi mengambil makna yang terkandung didalamnya, seperti memperingati Hari Ulang Tahun Korps Marinir yang merupakan bagian dari perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia,” katanya.

Di momentum yang sama, Danlantamal XII Pontianak, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, mengungkapkan rasa bangga karena bisa hadir di tengah prajurit petarung Yonmarhanlan XII yang selalu menunjukkan sikap humanis dan profesionalisme yang tinggi dalam melaksanakan setiap tugas.

“Saya merasa bangga di hari yang sangat berbahagia ini dapat hadir di tengah-tengah prajurit yang tangguh dan bersikap humanis dalam setiap langkah pelaksanaan tugas. Baik itu tugas yang mengancam kesatuan dan persatuan bangsa, maupun tugas lainnya, seperti percepatan penanganan Covid-19, penerapan protokol kesehatan, serta penanggulangan bencana,” katanya.

BACA JUGA:  Perdana, Ekspor Kratom Langsung dari Pontianak ke Belanda

Tim Yonmarhanlan XII yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Bencana di Provinsi Kalimantan Barat dan telah selesai melaksanakan tugas sejak tanggal 12-28 November 2021 di Kabupaten Sekadau dan Sintang. Selama berada disana, para prajurit dikerahkan untuk menyiapkan logistik kepada masyarakat yang terdampak banjir.

“Kita berikan apresiasi kepada seluruh prajurit yang telah melaksanakan tugas dengan baik selama berada di dua kabupaten tersebut,” pujinya.

Comment