by

PKK Kalbar Gelar Gebyar Vaksinasi di Kubu Raya

PKK Kalbar Gelar Gebyar Vaksinasi di Kubu Raya

KalbarOnline, Kubu Raya – Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat menggelar gebyar vaksinasi bersama PKK di Puskesmas Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Gebyar vaksinasi tersebut dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat Lismaryani Sutarmidji, Kamis (25/11/2021).

Kegiatan yang merupakan program kerja Pokja IV TP PKK Provinsi Kalimantan Barat ini turut dihadiri Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Abusamah, Ketua TP PKK Kabupaten Kubu Raya Rosalina Muda, serta Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Kubu Raya Ny. Atzebi Yatu Lensi Sujiwo.

Dalam sambutannya, Lismaryani mengatakan, penyebaran Covid-19 saat ini sudah mulai melandai, namun bukan berarti virus tersebut telah lenyap dari muka bumi dan masih terus menyerang masyarakat di seluruh Indonesia.

“Berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 61 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, maka Kalimantan Barat masih berada di level 3, salah satunya Kabupaten Kubu Raya. Salah satu indikator dalam penetapan level PPKM adalah cakupan vaksinasi. Oleh karena itu, upaya pencegahan melalui vaksinasi harus dilakukan agar terhindar dari penularan Covid-19, serta tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin,” katanya.

Melalui pelaksanaan vaksinasi warga berusia 12 tahun ke atas, diharapkan akan terbentuk herd immunity atau kekebalan kelompok yang akan menghambat penyebaran Covid-19 secara masif.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menargetkan cakupan vaksinasi sebesar 80 persen di akhir tahun 2021. Oleh sebab itu, segala upaya harus dilakukan agar target yang telah ditetapkan dapat tercapai.

TP PKK Provinsi Kalimantan Barat sebagai organisasi masyarakat yang besar dan menyentuh hingga level desa/kelurahan berinisiatif melakukan kegiatan vaksinasi bersama kabupaten/kota untuk membantu pencapaian target tersebut.

“Saya jelaskan kepada masyarakat yang melaksanakan vaksinasi pada hari ini bahwa vaksinasi yang diberikan oleh tenaga kesehatan aman dan memiliki manfaat yang sangat besar dalam melindungi masyarakat dari bahaya Covid-19. Sudah banyak masyarakat Kalbar yang mendapatkan vaksinasi Covid-19 dan semuanya sehat. Kasus Covid-19 terbukti sudah mulai menurun dengan dilaksanakannya vaksinasi. Hal ini ditandai dengan berkurangnya pasien yang dirawat di rumah sakit dan angka positif Covid-19 yang semakin turun,” katanya.

Istri Gubernur Kalbar ini mengimbau masyarakat Kecamatan Sungai Kakap untuk berpartisipasi mendukung program vaksinasi ini agar menjadi sehat dan pemulihan ekonomi dapat dicapai dalam waktu dekat. Serta meminta masyarakat untuk bertanya kepada para ahli jika ada hal yang meragukan atau ditakutkan dari program vaksinasi ini, bukan mendengar dari berita yang beredar di media sosial.

“Semoga dengan dilaksanakannya vaksinasi di Kecamatan Sungai Kakap dapat mendorong kecamatan- lain yang ada di Kabupaten Kubu Raya mendapatkan layanan vaksinasi Covid-19. Bapak dan Ibu telah melindungi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat, dengan bervaksinasi,” tutupnya. (*)

Comment

Terbaru