Wabup Wahyudi ke Kades: Jangan Takut Kelola Dana Desa dengan Transparan

Wabup Wahyudi ke Kades: Jangan Takut Kelola Dana Desa dengan Transparan

KalbarOnline, Kapuas HuluWakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat mengimbau kepada seluruh Kepala Desa di daerah itu untuk tidak takut dalam mengelola dana desa secara transparan kepada masyarakat.

“Jangan salahkan masyarakat jika pengelolaan dana desa tidak transparan, Kades jangan takut mengelola dana desa sepanjang itu mengacu kepada regulasi yang ada,” kata Wahyudi Hidayat saat membuka Bimbingan teknis pengelolaan, penanganan, dan pengawasan dana desa se-Kabupaten Kapuas Hulu di gedung Majelis Adat Budaya Melayu (MABM), Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat, 13 Agustus 2021.

Baca Juga :  Kapuas Hulu Optimis Capai Target 70 Persen Vaksinasi Covid-19

Wahyudi mengatakan, keputusan dan pengelolaan dana desa sepenuhnya kewenangan desa dengan musyawarah bersama masyarakat.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kalbar Online (@kalbaronline)

Menurut dia, dalam pengelolaan dana desa aparatur desa terutama Kades harus memahami aturan baik itu Undang-Undang Desa mau pun Permendagri dan Perda.

“Manfaatkan sebaik mungkin dana desa karena kita tidak pernah tahu sampai kapan dana desa bergulir dari pemerintah, bisa saja suatu saat tidak ada dana desa, jadi selaki ada dana desa kelola untuk kesejahteraan dan kemajuan di desa,” pinta Wahyudi.

Baca Juga :  KPU Kapuas Hulu Gelar Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilgub Kalbar 2018

Selain itu, Wahyudi juga menekankan agar Kades dan Badan permusyawartan desa (BPD) sama-sama memahami tugas dan fungsinya serta hak dan kewajiban.

Ia pun berharap agar Kades dapat lebih inovatif dan kreatif desa harus bisa mandiri tingkatkan pendapatan desa, apalagi di tengah pandemi, desa mesti tangguh.

“Desa itu ujung tombak dan istimewa karena memiliki dana sendiri yang pengelolan sepenuhnya diserahkan kepada desa, jadi sayang jika dana desa tidak dikelola dengan baik,” pesan Wahyudi.

Comment