Gubernur Sutarmidji Minta BPBD di Daerah Terdampak Batingsor Segera Tetapkan Status Bencana

  1. Kabupaten Kapuas Hulu (Bencana Banjir)

Di Kabupaten Kapuas Hulu terdapat enam kecamatan yang dilanda banjir. Di antaranya Kecamatan Hulu Gurung, Kecamatan Silat Hulu, Kecamatan Boyan Tanjung, Kecamatan Pengkadan, Kecamatan Bunut Hulu, dan Kecamatan Mentebah.

Curah hujan yang tinggi sejak tanggal Selasa, 13 Juli 2021 hingga Rabu, 14 Juli 2021 mengakibatkan terjadinya banjir. BPBD setempat masih melakukan pendataan terhadap korban jiwa yang terdampak banjir. Sembilan rumah dilaporkan rusak berat (rubuh) di Desa Entibab dan satu rumah rusak berat di Desa Landau Rantau.

Berdasarkan informasi yang diterima dari BPBD Kalbar, kondisi terkini di Kapuas Hulu masih dalam keadaan banjir. Banjir di beberapa kecamatan masih belum surut.

  1. Kabupaten Kubu Raya (Bencana Banjir)
Baca Juga :  Dikunjungi Belasan Anggota Komisi X DPR RI, Sutarmidji Curhat Soal Masalah Pendidikan di Kalbar

Untuk di Kabupaten Kubu Raya, terdapat dua kecamatan di antaranya Kecamatan Rasau Jaya dan Kecamatan Sungai Raya yang terdampak banjir. Banjir yang terjadi disebabkan curah hujan yang tinggi sejak, Selasa 13 Juli 2021 hingga Rabu, 14 Juli 2021 kemarin.

Berdasarkan data yang diterima, 43 jiwa dikabarkan mengungsi ke SDN 16 Rasau Jaya dan 23 jiwa mengungsi ke rumah penduduk akibat banjir yang terjadi di Kecamatan Rasau Jaya.

Baca Juga :  Midji Minta Melawi Belajar ke Sintang Cara Turunkan Prevalensi Stunting

Sementara 23 jiwa dikabarkan terdampak akibat banjir yang terjadi di Kecamatan Sungai Raya.

  1. Kabupaten Mempawah (Bencana Batingsor)

Untuk Kabupaten Mempawah dilaporkan lima kecamatan terendam banjir di antaranya Kecamatan Sungai Kunyit, Kecamatan Toho, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kecamatan Segedong dan Kecamatan Anjongan. Ratusan rumah warga terendam banjir. Dua desa di Kecamatan Anjongan juga mengalami longsor.

Sementara lima kecamatan di antaranya Kecamatan Mempawah Hilir, Mempawah Timur, Anjungan, Sungai Pinyuh, dan Kecamatan Jongkat terdampak angin kencang. Banjir dilaporkan masih menggenangi rumah warga.

Comment