Gubernur Sutarmidji Minta BPBD di Daerah Terdampak Batingsor Segera Tetapkan Status Bencana

Gubernur Sutarmidji Minta BPBD di Daerah Terdampak Batingsor Segera Tetapkan Status Bencana

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten/kota yang terdampak bencana banjir, angin puting beliung, dan longsor (Batingsor) untuk segera menetapkan status bencana di masing-masing daerah.

“Saya sudah arahkan. Kalau perlu disuplai pangan, kita suplai. Cadangan pangan kita masih cukup. Kita tergantung BPBD daerah masing-masing,” kata Midji, Kamis, 15 Juli 2021.

Baca Juga :  Wagub Kalbar Sebut Penanganan Stunting Bisa Sukses Kalau Semua Elemen Kompak

Midji mengakui sejauh ini belum ada daerah yang mengajukan bantuan, ataupun menginformasikan Pemerintah Provinsi terkait status bencana di daerah masing-masing. Padahal menurutnya, dengan ditetapkannya status bencana, akan memudahkan pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana di masing-masing daerah.

Laporan banjir yang disampaikan BPBD Provinsi Kalbar
Laporan banjir yang disampaikan BPBD Provinsi Kalbar (Foto: BPBD Kalbar)

“Makanya cepat BPBD daerah tetapkan status bencananya. Sampaikan ke provinsi. Misalkan statusnya darurat, ya tetapkan. Gunakan dana cadangan pangan. Sejauh ini belum ada, tapi kalau ada yang minta kita bantu, kita keluarkan cadangan pangan. Karena apa? Karena mereka belum tetapkan status bencananya,” tutupnya.

Baca Juga :  Pemkot Ancam Tindak Tegas Spekulan Bawang Putih

Berdasarkan data Batingsor 14 Juli 2021 yang dikeluarkan oleh BPBD Provinsi Kalbar terdapat lima kabupaten di Kalbar yang mengalami bencana. Adapun sebagai berikut:

Comment