Wako Edi Kamtono Sebut Genangan Disebabkan Kombinasi Hujan dan Air Pasang Laut

Pelayanan Puskesmas Purnama nyaris lumpuh

Pelayanan kesehatan di Puskesmas Purnama, Kota Pontianak nyaris lumpuh akibat banjir di kawasan Kecamatan Pontianak Selatan itu, Rabu, 14 Juli 2021. Pelayanan kesehatan pun hanya diprioritaskan untuk keadaan darurat. Sementara pelayanan vaksinasi puskesmas pun ditunda.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu mengatakan, Gedung Puskesmas Purnama terendam banjir karena intensitas hujan yang tinggi pada Selasa malam (13/7/2021).

“Kita ketahui sejak tadi malam hujan kemudian ditambah air pasang. Di Kota Pontianak memang ada tiga puskemas yang rawan terutama daerah pinggir sungai termasuk Puskesmas Purnama,” kata Sidiq Handanu.

Baca Juga :  Pemkot Pontianak akan Salurkan Bakat Anak Jalanan ke Rumah Kreatif

Menurutnya, apabila ada genangan air di Jalan Purnama maka Puskesmas setempat juga akan terdampak. Kondisi ini menyebabkan pelayanan kesehatan nyaris lumpuh. Hanya diprioritaskan untuk keadaan darurat. Sementara pelayanan vaksinasi Puskesmas Purnama ditunda untuk waktu yang belum ditentukan.

“Akan tetapi staf puskesmas tetap stanby untuk memberikan pelayanan gawat darurat dan rujukan. Pelayanan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Purnama bisa dipindahkan ke GOR jika memungkinkan,” katanya.

Baca Juga :  Polda Kalbar Siap Amankan Seluruh Tahapan Pemilu Lewat Operasi Mantap Brata 2023 - 2024

Jalan Purnama sendiri memang kerap menjadi langganan banjir. Hal ini akan terjadi jika pasang air laut yang mencapai titik maksimum sekitar 1,7 meter dari rata-rata permukaan air laut. Belum lagi ditambah curah hujan tinggi. Hal ini pun mengakibatkan ruas jalan dan pemukiman warga digenangi air. Hingga berita ini diterbitkan, Jalan Purnama saat ini masih terendam banjir.

Comment