by

Satono-Rofi Bakal Dilantik Gubernur Senin Ini

Satono-Rofi Bakal Dilantik Gubernur Senin Ini

KalbarOnline, Pontianak – Bupati dan Wakil Bupati Sambas terpilih, Satono-Fahrur Rofi akan dilantik dan diambil sumpah/janji jabatannya oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji secara langsung di Kantor Gubernur Kalbar, Senin (14/6/2021).

Kepastian pelantikan ini berdasarkan Surat Kemendagri Nomor 131.61-293 tahun 2021 tentang pengesahan pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 di Kabupaten Sambas pada Provinsi Kalimantan Barat tertanggal 22 Februari 2021. Di mana, berdasarkan koordinasi dengan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri RI, Akmal Malik, pelantikan kepala daerah terpilih akan digelar secara langsung atau tatap muka dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat.

Keduanya pun mengikuti gladi bersih pelantikan di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Sabtu (12/6/2021) pagi tadi.

“Alhamdulillah sesuai dengan ketentuan. Persiapan seperti biasa. Hari Senin, Insya Allah kita tinggal hadir. Mohon petunjuk Allah, diberikan kesehatan dan kemudahan,” ujar Satono saat diwawancarai usai gladi.

Satono pun menjelaskan, sesuai ketentuan yang ditetapkan, pada pelantikan nanti hanya dibolehlan membawa keluarga dan dilarang membawa tim pemenangan.

“Untuk tim pemenangan memang tidak boleh, jadi bisa menyaksikan melalui streaming. Saya minta semua tim pemenangan untuk berdoa di kediaman masing-masing,” harapnya.

Senada dengan Satono, Fahrur Rofi pun mengakui siap menjalani pelantikan sebagai Wakil Bupati Sambas definitif pada Senin nanti.

“Intinya jaga kesehatan dan stamina serta mental. Yang lainnya kita serahkan pada Allah,” pungkasnya.

Sebelumnya Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menegaskan bahwa pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sambas terpilih akan dilaksanakan sesuai jadwalnya. Hal ini menanggapi isu yang sempat beredar, di mana sempat ada isu yang menyebutkan bahwa pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sambas terpilih bakal diundur. Namun ia memastikan isu tersebut tidak benar.

“Saya sudah bertemu Bupati dan Wakil Bupati Sambas terpilih, mengklarifikasi beredarnya isu bahwa pelantikan Bupati diundur. Saya tegaskan bahwa tidak ada pengunduran,” kata Midji.

Orang nomor wahid di Bumi Tanjungpura ini mengatakan, pelaksanaan pelantikan lebih cepat lebih baik. Namun untuk tanggalnya tetap di tanggal 14 Juni 2021. Saat ini Surat Keterangan (SK) Bupati dan Wakil Bupati Sambas terpilih menurutnya sudah keluar dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Artinya pelantikan hanya tinggal menunggu masa jabatan bupati sebelumnya selesai.

“Jadi hari Senin (14 Juni) saya akan lantik bupati terpilih,” kata dia.

Midji pun berpesan kepada Satono-Fahrur Rofi ia berpesan setelah dilantik agar bisa cepat menjalankan roda pemerintahan secara efektif. Saat pertemuan dengan Bupati dan Wakil Bupati Sambas terpilih, Midji juga sudah menyarankan agar cepat mengajukan ke Kemendagri untuk mengisi jabatan yang kosong di Pemerintah Kabupaten Sambas.

“Sekarang ada delapan sampai sembilan jabatan eselon II (di Sambas) itu Plt (pelaksana tugas). Plt itu kan kewenangannya terbatas,” tandasnya.

Comment

Terbaru