by

Melalui SIPADES, Bupati Muda Ajak Tertib Tata Kelola Aset Desa

Melalui SIPADES, Bupati Muda Ajak Tertib Tata Kelola Aset Desa

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan, dengan penerapan aplikasi SIPADES versi 2.0 untuk mengelola aset desa tidak akan susah dikarenakan pemerintah desa telah dikenalkan dengan aplikasi lainnya seperti Siskeudes yang telah digunakan pada satu tahun terakhir.

“Kurang lebih aplikasi ini sama. Inikan sifatnya mempermudah setiap pencatatan terkait dengan nilai kapitalisasi aset barang, jasa baik barang bergerak dan tidak bergerak,” ucapnya ditemui usai menghadiri kegiatan peningkatan kapasitas pengelolaan aset desa yang diikuti seluruh kepala desa se-Kubu Raya beserta Camat, yang dilaksanakan di Gardenia Sungai Raya, Selasa (6/4/2021).

Aset-aset tersebut tutur bupati bisa saja berubah ataupun mutasi karena kondisi-kondisi dilapangan seperti rusak maupun dibongkar serta beralih fungsi.

“Apalagi ini diperkuat dengan sistem geoportal berbasis WebGis yang sekarang sedang dikerjakan. Maka semua aset itu, akan bertitik sesuai dengan by name dan by adress maupun titik koordinatnya,” jelasnya.

Misalnya sebut Bupati Muda, letak kendaraan dapat terpantau melalui titik koordinatnya. Karena sudah tercatat dari awal, maka ini dapat dipastikan keamanannya.

“Pesan saya yang penting semuanya dilakukan dengan kebiasaan. Kalau sudah biasa tercatat, apapun yang dibelanjakan dapat diinput melalui aplikasi tersebut, karena mudah dilakukan,” pesan Bupati.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Kubu Raya menyerahkan penghargaan 10 desa dengan kategori tercepat dalam penyampaian laporan aset desa tahun 2020. Dan 33 Desa tepat waktu dalam penyusunan APBDesa tahun 2021 dan telah menerapkan transaksi CMS, serta tiga Kecamatan terbaik dalam penyusunan RKPDesa tahun 2021. Kemudian dua desa mendapatkan penghargaan khusus diantaranya Desa Sungai penyalur BLT DD secara non tunai dan Desa Mekar Sari sebagai desa pertama melounching USG Portable. (ian)

Comment

Terbaru