Lusa, 55 Ribu Pedagang Tanah Abang Bakal Divaksin Covid-19

KalbarOnline.com – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua ini akan dimulai kepada pedagang pasar. Pencanangan atau wilayah yang menjadi pilot Project di DKI Jakarta yaitu di pasar Tanah Abang pada lusa, hari Rabu tanggal 17 Februari. Sebanyak 55 ribu pedagang menjadi sasaran vaksinasi.

Para pedagang di Tanah Abang dinilai memiliki mobilitas yang tinggi dan banyak berinteraksi dengan orang lain. Sehingga mereka rentan terinfeksi Covid-19.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengatakan vaksinasi bagi pedagang pasar akan berlangsung selama 6 hari dengan menargetkan sekitar 55 ribu orang pedagang pasar di Tanah Abang. Dia berharap vaksinasi akan bergulir untuk seluruh pedagang pasar yang ada di DKI Jakarta dan di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Febri Diansyah: Semoga KPK Dapat Kembali Dicintai Masyarakat

“Melihat besarnya target vaksinasi tahap kedua ini maka pemerintah akan melakukan vaksinasi secara bertahap,” katanya dalam keterangan virtual, Senin (15/2).

Vaksinasi tahap dua dimulai di tujuh provinsi di Jawa dan Bali. Sebab wilayah itu merupakan zona merah dengan jumlah pasien dan tingkat penyebaran tertinggi di Indonesia.

“Kita tahu bersama di jawa-bali Ini sekitar 70 persen kasus covid ini berada di daerah ini, sehingga mendapatkan prioritas yang pertama,” ungkapnya.

Baca Juga :  Hanya Manjur 50,4 Persen, Malaysia Masih Pikir-Pikir Gunakan Sinovac

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 untuk Petugas Pelayan Publik Dimulai Maret 2021

Selain jumlah kasus yang tinggi, ketujuh provinsi ini juga merupakan daerah dengan banyak pemukiman padat, sehingga laju penularan yang sangat tinggi. Sisa 30 persen lainnya akan dibagikan ke provinsi lain.

“Kami tentu meminta agar pemerintah daerah segera mungkin menghabiskan vaksin untuk tahap satu pada nakes yang sudah didistribusikan sebelum kami mengirim pasokan vaksin berikutnya mengingat vaksin ini ada batas kadaluarsanya yaitu 6 bulan,” ujarnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment