by

Cendikiawan Muslim Jalaludin Rakhmat Meninggal Dunia

KalbarOnline.com – Kabar duka datang dari tokoh syiah Indonesia, Jalaludin Rakhmat. Ia dikabarkan meninggal pada hari ini, Senin (15/2) pukul 15.45 WIB di Rumah Sakit Santosa Internasional Bandung, Jawa Barat pada umur 71 tahun.

Salah satu yang mengungkapkan ungkapan dukanya adalah mantan Menteri Agama periode 2014–2019 Lukman Hakim Saifuddin. Dalam keterangannya ia mengucapkan selamat berpulang kepada cendikiawan muslim tersebut.

’’Selamat berpulang Kang Jalaluddin Rahmat. Terima kasih tiada terhingga, telah mencerahkan dan memperluas wawasan keislaman banyak anak muda pada era 1980-an. Berpulanglah sepenuh rela. Al-faatihah,’’ dalam cuitannya di akun Twitter @lukmansaifuddin yang dikutip KalbarOnline.com, Senin (15/2).

Tokoh Islam Liberal Ulil Abshar Abdalla pun turut menyampaikan selamat jalan kepada pria kelahiran Bandung, 29 Agustus 1949. Kata dia, ini adalah kehilangan mendalam bagi Indonesia.

’’Duka mendalam untuk Kang Jalal. Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Berduka yang amat mendalam atas wafatnya salah satu pemikir Muslim terbaik Indonesia, Jalaludin Rakhmat alias Kang Jalal. Ini adalah kehilangan yang besar bagi dunia intelektual Indonesia,’’ tulisnya di akun Facebook-nya Ulil Abshar Abdalla. ’’Jasa-jasa Kang Jalal dalam menghidupkan percakapan Islam di Indonesia sejak dekade 80an hingga saat ini, tak akan pernah dilupakan. Saya menimba banyak ilmu dari Kang Jalal sejak masih seorang santri di kampung pada tahun 80-an. Salah satu formasi pemikiran saya dibentuk, antara lain, oleh gagasan-gagasan Kang Jalal. Dan saya bersaksi, beliau adalah orang baik,’’ sambungnya.

Ketua Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Zuhairi Misrawi juga turut kehilangan tokoh muslim tersebut. ’’Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, telah berpulang cendekiawan Muslim, KH. Jalaluddin Rakhmat ke haribaan Allah SWT. Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu ‘anhu,’’ terang dia di akun Twitter @zuhairimisrawi.

Sebagai informasi, Kang Jalal, sapaan akrabnya, merupakan dosen Universitas Padjadjaran (Unpad) dan mengajar di Universitas Islam Bandung (Unisba). Dia masuk politik dengan bergabung dengan PDIP dan menjadi anggota DPR-RI periode 2014–2019. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

Terbaru