MUI Haramkan Buzzer! Demikian Juga yang Menyuruh, Membantu dan Memanfaatkan Jasanya

KalbarOnline.com – Fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) tentang aktivitas buzzer pernah dikeluarkan pada tahun 2017. Isinya menyebarkan informasi mengandung berita bohong dan fitnah demi mendapatkan keuntungan hukumnya haram.

Fatwa itu dituangkan dalam keputusan Nomor 24 Tahun 2017 tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Medsos. Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh melalui rilisnya, Jumat (12/2/2021), mengingatkan kembali adab bertutur kata di media sosial.

”Aktivitas buzzer di media sosial yang menjadikan penyediaan informasi berisi hoax, ghibah, fitnah, namimah, bullying, aib, gosip, dan hal-hal lain sejenis sebagai profesi untuk memperoleh keuntungan, baik ekonomi maupun non-ekonomi, hukumnya haram,” kata Asrorun Niam.

Baca Juga :  Pemantau Pemilu Internasional Bersama Ketua KPU RI Tinjau Pencoblosan Pilkada Tangsel

Dalam fatwanya, MUI juga memberikan fatwa haramnya bagi pihak yang menyediakan fasilitas aktivitas buzzer. ”Demikian juga orang yang menyuruh, mendukung, membantu, memanfaatkan jasa dan orang yang memfasilitasinya,” katanya.

Fatwa MUI 24/2017 itu juga mengatur memproduksi menyebarkan dan atau membuat dapat diaksesnya konten atau informasi tentang hoaks, gibah, fitnah, namimah, aib, bullying, ujaran kebencian, dan hal-hal lain sejenis terkait pribadi kepada orang lain dan atau khalayak hukumnya haram.

Baca Juga :  Anies Berlakukan Lagi PSBB Transisi, Ini 16 Sektor Usaha yang Kembali Dibuka

Selain buzzer, Fatwa MUI juga mengharamkan penyebaran konten yang bersifat secara pribadi kepada khalayak umum. ”Padahal konten tersebut diketahui tidak patut untuk disebarkan ke publik, seperti pose yang mempertontonkan aurat, hukumnya haram,” tuturnya.

Hukum haram, sambung dia, juga berlaku bagi pihak manapun yang memproduksi dan atau menyebarkan konten atau informasi yang bertujuan untuk membenarkan yang salah atau menyalahkan yang benar.

Juga mereka yang  membangun opini agar seolah-olah berhasil dan sukses, dan tujuan menyembunyikan kebenaran serta menipu khalayak hukumnya haram. [ind]

Comment