Gerak Cepat Babinsa Kodim 1203/Ktp Bersama Tim Terpadu Pencegahan Karhutla Ketapang

Gerak Cepat Babinsa Kodim 1203/Ktp Bersama Tim Terpadu Pencegahan Karhutla Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Gerak cepat cegah karhutla, Babinsa Kodim 1203/Ktp yang tergabung dalam Tim Terpadu Pencegahan Karhutla Ketapang menunjukan keseriusannya dalam upaya penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang berokasi di Desa Sungai Pelang, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Ketapang.

Pasi Ops Kodim 1203/Ktp, Kapten Inf Andri Fitri menjelaskan, saat tiba di lokasi, dengan sigap Tim Terpadu Pencegahan Karhutla Ketapang tersebut langsung beraksi di lahan yang berupa pohon sawit, rumput pakis dan semak belukar dengan kultur tanah berupa tanah gambut.

Baca Juga :  Suami Bunuh Diri Usai Mayat Istri Ditemukan di Sungai Pawan

“Diperkirakan luas lahan yang terbakar antara satu hektar,” ucapnya.

Tim fokus pada tindakan pemadaman dengan melakukan penyiraman yang bertujuan api tidak merambah ke lokasi kebun masyarakat.

“Namun ada sedikit kendala di lapangan karena lahan yang terbakar didominasi dengan lahan yang bergambut kering sehingga beberapa titik api yang jauh dari sumber air, dan kurangnya peralatan pemadaman,” kata Pasi Ops.

“Sampai saat ini tim masih di lapangan mengantisipasi api timbul kembali dikarenakan lahan berupa gambut, sehingga bara api susah dipadamkan sewaktu-waktu api dapat kembali menyala,” timpalnya.

Baca Juga :  Kajari : Kasus Hadi Mulyono Upas Akan Segera Dilimpahkan

Terpisah, Dandim 1203/Ktp, Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta mengatakan, upaya preemtiv dan preventif sudah dilaksanakan pihaknya. Ia kembali mengingatkan soal sanksi hukum bagi pelaku pembakar hutan dan lahan.

“Saya minta masyarakat bisa bekerjasama dengan Tim Terpadu Pencegahan Karhutla Ketapang, karena dampaknya merugikan banyak pihak,” tegasnya.

Dandim juga mengapresiasi sinergitas TNI-Polri dan stakeholder lainnya yang tergabung Tim Terpadu Pencegahan Karhutla Ketapang yang berjibaku bersama berupaya maksimal, untuk memadamkan titik api.

“Tetap semangat dalam pengabdian,” pungkasnya. (Adi LC/Pendim 1203)

Comment