Bersama Elon Musk Hingga Anne Hidalgo, Anies Dinobatkan Jadi Pahlawan

KalbarOnline.com – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat sebuah penghargaan dari lembaga internasional Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI). Dia dinobatkan sebagai salah satu “pahlawan” dalam ajang 21Heroes2021.

Selain Anies, ada 20 orang lainnya dinobatkan dalam penghargaan serupa. Salah satu tokoh dunia yang teekenal yaitu CEO SpaceX dan Arsitek Produksi Tesla, Elon Musk dan Walikota Paris, Anne Hidalgo. Mereka terpilih karena keberhasilan transformasi mobilitas kota yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup warga.

Dalam dokumen resmi TUMI, disebutkan bahwa 21Heroes2021 adalah ajang untuk menghormati mereka yang mencapai kesuksesan transportasi pada tahun 2020. Terlepas dari tantangan pandemi Covid-19 yang dihadapi, dan meletakkan dasar untuk inisiatif mobilitas yang lebih sukses dan berkelanjutan pada tahun 2021.

Baca Juga :  KAI Prediksi Puncak Libur Tahun Baru Mulai 30 Desember-3 Januari

Individu yang disoroti dalam publikasi ini adalah sekelompok kecil, namun kuat, dari banyak orang yang aktif berkontribusi untuk menjadikan mobilitas berorientasi masa depan, aman, inklusif, dan berkelanjutan.

“Pencapaian ini adalah hasil kolaborasi dengan berbagai pihak, kami dari awal membuka kesempatan seluas-luasnya bagi publik untuk terlibat dalam perencanaan pembangunan sistem transportasi,” kata Anies dalam keterangan tertulis, Jumat (5/2).

Menurut TUMI, di bawah kepemimpinan Anies, Jakarta telah mengalami peningkatan signifikan dalam segi transportasi umum massal. Oleh karena itu dia dinilai telah berhasil mentransformasi sistem angkutan umum massal yang nyaman dan inklusif untuk semua, salah satunya adalah integrasi Bus Rapid Transit yang diimplikasikan ke dalam sistem JakLingko. Selain itu, Anies juga mengintegrasikan halte dengan stasiun commuter maupun Moda Raya Terpadu (MRT).

Baca Juga :  Komisi IX DPR: Kasus KDRT dan Pernikahan Dini di Jember Masih Tinggi

Pemprov DKI Jakarta di bawah komando Anies, masih menurut TUMI, juga telah mengubah paradigma prioritas fasilitas pendukung transportasi. Di mana jalan untuk pejalan kaki menjadi prioritas pembangunan, selanjutnya kendaraan bebas emisi (sepeda), transportasi umum massal dan terakhir kendaraan pribadi.

Melalui paradigma tersebut, Pemprov DKI gencar melakukan pengembangan dalam revitalisasi trotoar dan pembuatan 63 kilometer jalur sepeda. Bahkan berkat transformasi tersebut Pemprov DKI juga telah diganjar STA Award 2020.

Anies mendidikasikan pencapaian dalam 21 Heroes 2021 sebagai hasil kerja bersama seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta. Sekaligus juga kolaborasi dengan berbagai pihak sehingga perencanaan sistem transformasi transportasi di Jakarta bisa dijalankan dengan baik.

Comment