Menko PMK Minta Vaksinasi Jangan Bikin Lengah

KalbarOnline.com – Pemerintah terus melakukan vaksinasi Covid-19 demi penanganan kesehatan serta pemulihan ekonomi. Saat ini, tenaga kesehatan (nakes) yang masih tengah dilakukan vaksinasi massal di wilayah Indonesia.

Untuk masyarakat umum, masih belum. Oleh karenanya Menteri Koordinator Bidang Pengembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berpesan untuk tetap waspada pandemi Covid-19.

Apabila masyarakat sudah mendapatkan vaksinasi, ia meminta untuk tidak menganggap bahwa virus sudah tiada. Ia mengharapkan masyarakat memiliki kesadaran diri.

Baca Juga :  Atlet Asal Pontianak Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing di AS

“Walaupun sudah mendapatkan vaksin, tubuh seseorang tidak serta merta menjadi kebal terhadap virus korona. Dibutuhkan waktu bagi tubuh untuk membentuk antibodi guna melawan virus korona,” tutur Muhadjir Effendy dalam keterangannya, Jumat (29/1).

Saat ini program vaksinasi terus digencarkan secara nasional. Namun masyarakat diharapkan tidak lengah dan tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat.

Protokol kesehatan 5M harus tetap dilakukan, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas. Hal ini guna menekan laju penyebaran virus tersebut.

Baca Juga :  Soal Suara Dentuman di Sukabumi, BMKG: Ada Gerakan di Permukaan Tanah

“Menghentikan pandemi ini memerlukan komitmen dari kita semua, yaitu dengan mencegah diri kita tertular dan mencegah diri kita menulari orang lain. Bila penularan berhasil dihambat, maka penyembuhan bagi penderita akan lebih ringan,” pungkas dia.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment