Bupati Citra Duani Terima UHC Award 2023 dari Wapres Ma’ruf Amin

KalbarOnline, Jakarta – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), Ma’ruf Amin menyerahkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC/Cakupan Kesehatan Semesta) Award 2023 kepada Bupati Kayong Utara, Citra Duani, di Balai Sudirman Jakarta Selatan, Selasa (14/03/2023).

“Pemerintah Kabupaten Kayong Utara di bawah Bupati Kayong Utara, Citra Duani berhasil mendaftarkan Penduduk Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), dalam cakupan kesehatan semesta hingga lebih dari 95 persen,” kata Wapres Ma’ruf.

Selain Kayong Utara, tambah Wapres Ma’ruf, UHC Award 2023 juga diberikan kepada 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota se-Indonesia. Tajuk utama UHC 2023 yakni “Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah Dalam Mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Untuk Masyarakat Indonesia”.

“Kesehatan semesta ini program strategis nasional sejak 2014. Pemerintah Kabupaten Kayong Utara terbukti mendukung realisasi rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) tahun 2022-2024, yaitu 98 persen dari total populasi menjadi anggota JKN,” sambung Ma’ruf Amin.

Baca Juga :  Safari Ramadan di Kayong Utara, Ini Pesan Ria Norsan...

Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy juga menyampaikan, bahwa pencapaian luar biasa program JKN di Kayong Utara tidak lepas dari sinergi yang baik dari peran Bupati Kayong Utara, Citra Duani dan jajarannya.

“Kayong Utara menunjukkan kerja keras dan kinerjanya yang luar biasa dalam komitmen implementasi program JKN. Khususnya, 95 persen lebih warga Kayong Utara telah terdaftar di program JKN,” kata Muhadjir Effendy.

Bupati Citra Duani, mewakili seluruh masyarakat Kayong Utara mengucapkan terima kasih ke pemerintah pusat atas penghargaan UHC Award 2023 ini. Pemerintah Kabupaten Kayong Utara kata dia akan selalu berusaha mendukung seluruh program pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Kalimantan Barat.

Baca Juga :  Edi Kamtono Minta ASN Baru Cerdas dan Tak Cengeng

“Raihan penghargaan UHC Award 2023 untuk Kayong Utara ini, juga menjadi penyemangat bagi pemerintah daerah. Tepatnya dalam meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat di pelosok, pesisir, hingga pedalaman,” tutur Citra Duani.

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya ke pemerintah Kabupaten Kayong Utara.

“Sejak tahun 2014 hingga 2023, Kayong Utara selalu mendukung dan menjalankan komitmen dalam program JKN ini,” sanjungnya. (Santo/Uje/Prokopim Setda KKU)

Comment