by

Hendra/Ahsan Ungkap Kunci Hajar No 1 India dan Lolos ke Perempat Final

KalbarOnline.com-Ganda putra nomor dua dunia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan sukses melaju ke perempat final Yonex Thailand Open 2020.

Pada babak 16 besar di Impact Arena, Bangkok, hari ini (14/1), Hendra/Ahsan mengalahkan pasangan nomor satu India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shety.

Hendra/Ahsan tampil sangat fokus, tenang, dan mampu lepas dari tekanan lawan dan akhirnya menang dalam dua game langsung dengan skor 21-19 dan 21-17. Hendra/Ahsan menuntaskan pertandingan ini dalam tempo 37 menit.

Baca Juga: Bermain Luar Biasa Cerdas, Hendra/Ahsan Hancurkan Ganda No 1 India

Dengan hasil ini, Hendra/Ahsan semakin menegaskan dominasi mereka atas ganda nomor 10 dunia itu. Total dari empat pertemuan, Hendra/Ahsan unggul dengan skor 3-1.

Pada babak perempat final besok (15/1), Hendra/Ahsan akan berhadapan dengan lawan berat asal Korea Selatan Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae.

Unggulan ketujuh tersebut melaju dengan membantai wakil tuan rumah Thailand Weeraphat Phakjarung/Wongsathorn Thongkham dalam dua game yakni 21-9, 21-12. Choi/Seo menuntaskan laga hanya dalam tempo 27 menit.

Rekor Hendra/Ahsan tidak impresif melawan pasangan nomor delapan dunia itu. Mereka bertemu sekali pada final Hongkong Open 2019. Saat itu, Hendra/Ahsan yang menang lebih dulu pada game pertama dengan skor 21-13, justru tumbang karena dihajar 12-21 dan 13-21 pada game kedua dan ketiga.

Hendra sendiri mengaku bersyukur bisa lolos ke babak perempat final. “Tadi di awal game kami kalah start jadi mereka ambil inisiatif duluan menyerang. Padahal ini yang kami paling waspadai,” kata Hendra dalam siaran pers PP PBSI yang diterima KalbarOnline.com.

Hendra/Ahsan yang masing-masing berusia 36 dan 33 tahun memang kalah power dan kecepatan melawan pasangan India yang baru berumur 20 dan 23 tahun itu. Namun, mereka punya kunci untuk meredam agresifitas permainan Rankireddy/Shety

“Kami mencoba bermain dengan pola yang kami siapkan, bagaimana menurunkan bola dulu, dan bermain sabar,” ucap Hendra.

“Pasangan India ini bagus sekali menurut saya. Serangannya bagus, smesnya kencang, dan cepat. Jadi kami harus bermain sabar untuk meredam mereka,” tambah peraih emas Olimpiade Beijing 2008 bersama Markis Kido tersebut.

Selain Hendra/Ahsan, Indonesia dipastikan mengirimkan satu pasangan di perempat final. Sebab, dua ganda nasional Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan berduel melawan juara dunia junior 2019 Leo Rolly Carnando/Daniel Martin pada babak kedua hari ini.

Sayang, pasangan nomor satu dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo gagal bertanding pada ajang pembuka 2021 tersebut. Kevin tak bisa berangkat ke Bangkok karena sempat terpapar Covid-19.

Comment

News Feed