Operasi SAR Berlanjut Cari Korban dan Black Box CVR Sriwijaya Air

KalbarOnline.com – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas, Marsekal Madya Bagus Puruhito memastikan operasi search and rescue (SAR) jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan Kepulauan Seribu tetap berlanjut. Terbaru, tim berhasil menemukan black box flight data recorder (FDR) di dasar perairan Kepulauan Seribu.

“Tentu ke depan kita masih akan melanjutkan upaya pencarian ini untuk evakuasi korban, demikian juga evakuasi material yang ada, yang masih ada di dalam lokasi tersebut,” kata Bagus di posko terpadu JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (12/1).

Operasi SAR juga bakal difokuskan untuk mencari bagian dari kotak hitam yang belum ditemukan, yakni cockpit voice recorder (CVR). Sebab FDR dan CVR penting untuk mengungkap penyebab kecelakaan pesawat Boeing 737-500 tersebut.

Baca Juga :  Kemenko PMK Sebut Jabatan Fungsional untuk Tingkatkan Karir PNS

Baca juga: Black Box Sriwijaya Air SJ-182 yang Jatuh Akhirnya Ditemukan

“Demikian juga pencarian terhadap CVR. Sebagai informasi bahwa kami juga baru kembali dari lokasi,” tegas Bagus.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan, kotak hitam atau black box jenis flight data recorder (FDR) milik pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu berhasil ditemukan. Blackbox tersebut berisi rekaman data penerbangan.

“Hari ini tepat jam 14.00 WIB, Kepala Staf Angkatan Laut menyampaikan informasi kepada saya, bahwa sesuai dengan perkiraan yang ditentukan di wilayah yang sudah ditandai, telah ditemukan bagian dari flight data recorder (FDR),” ucap Hadi.

Baca Juga :  Kisah Ihsan dan Putri Pengantin Baru Penumpang SJ 182, Pulang ke Pontianak untuk Gelar Resepsi Pernikahan

Hadi menuturkan, tim SAR hingga kini masih memburu VCR yang juga diduga berada di lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air. “Cockpit voice recorder masih perlu dicari, dengan tanpa adanya bantuan yaitu beacon tersebut,” ujar Hadi.

Marsekal Hadi meyakini, CVR milik pesawat Sriwijaya Air SJ-182 juga berada pada lokasi yang sama. Sehingga tidak lama lagi akan segera ditemukan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment