5 Objek Wisata di Lampung yang Tidak Boleh Dilewatkan

KalbarOnline.com – Apakah Anda pernah berkunjung ke Lampung? Provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera ini ternyata memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari Jakarta menuju ke Lampung, Anda bisa naik pesawat Sriwijaya Air. Maskapai ini punya rute langsung Jakarta-Lampung dan sebaliknya. 

Objek wisata di Lampung cukup beragam. Mulai dari destinasi wisata alam hingga destinasi wisata pantai yang tidak kalah indah dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Seiring waktu, makin banyak orang yang menyadari keindahan panorama di Lampung dan ingin berkunjung ke sana. Yuk, simak daftar tempat yang wajib dikunjungi berikut ini!

1. Taman Nasional Way Kambas

Salah satu tempat wisata ikonik di Lampung adalah Taman Nasional Way Kambas. Taman nasional ini adalah tempat untuk hidup bagi banyak fauna dan flora, termasuk di antaranya yang tergolong langka. Lokasi Taman Nasional Way Kambas adalah Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur. 

Anda bisa masuk ke taman nasional untuk menikmati suasana alam yang masih natural. Luasnya adalah sekitar 1.300 km persegi. Area seluas ini merupakan tempat perlindungan dan konservasi gajah Sumatera. Bukan hanya melihat dari jauh, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan tersebut.

Selain itu, Taman Nasional Way Kambas juga dihuni oleh berbagai hewan lain seperti badak Sumatera, harimau Sumatera, kijang, tapir, rusa, dan masih banyak lagi. Anda tidak akan menyesal karena mendapatkan pengalaman yang luar biasa. 

2. Pulau Pahawang

Objek wisata yang juga tidak kalah memukau di Lampung adalah Pulau Pahawang. Hal menarik dari tempat ini adalah keindahan pesona bawah lautnya. Pulau Pahawang merupakan sebuah pulau seluas 1.084 hektare dan termasuk dalam wilayah Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran.

Baca Juga :  Sriwijaya Air Jatuh, Singapura dan Malaysia Sampaikan Belasungkawa

Selain keindahan bawah laut yang cantik, Pulau Pahawang juga memiliki pesisir pantai yang sangat indah. Pasir putih membentang luas dan membuat pengunjung leluasa untuk bermain air maupun bermain pasir. Bukan hanya itu, ada juga hutan bakau yang rimbun dan hijau yang menyegarkan.

Di perairan dekat Pulau Pahawang, Anda juga bisa berenang, snorkeling, diving, bermain banana boat, atau sekadar bersantai menikmati suasana pantai pada sore hari. Tidak perlu khawatir karena ada beberapa homestay yang bisa Anda tinggali selama berlibur di Pulau Pahawang. 

3. Pulau Balak

Pulau Balak adalah destinasi wisata lain yang tidak boleh Anda lewatkan saat berlibur ke Lampung. Pulau ini sangat menawan dengan pesisirnya yang landai. Suasananya masih sepi sehingga Anda bebas bersantai atau healing sejenak dari rutinitas harian yang membuat Anda jenuh.

Keindahan Pulau Balak antara lain karena terletak di area teluk kecil. Ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya pun masih sangat banyak dan mudah dijumpai. Untuk mencapai Pulau Balak, Anda perlu menyewa perahu dari Kucing Riang atau Desa Sukamaju.

4. Pantai Klara

Jika Anda tidak ingin menyeberangi laut untuk menikmati keindahan pantai di Lampung, Anda cukup berkunjung ke Pantai Klara. Pantai Klara atau disebut juga Kelapa rapat adalah daerah pesisir di Jalan Raya Way Ratay, Gebang, Padang Cermin, Pesawaran yang dipadati oleh pepohonan kelapa yang menjulang tinggi.

Baca Juga :  Transformasi Digital Diakui, Bos PLN Jadi Pemimpin Paling Populer di Media Sosial

Pantai ini juga memiliki pesisir pantai yang bersih, luas, dan landai. Saking jernihnya, Anda bisa melihat dasar laut di sekitar pantai dengan mudah. Jika Anda ingin mengajak anak-anak untuk bermain air dan pasir, Pantai Klara merupakan destinasi yang paling tepat. 

5. Puncak Mas

Selain pantai, destinasi wisata lain di Lampung adalah Puncak Mas. Objek wisata ini cocok bagi kunjungan keluarga atau juga muda-mudi yang ingin menikmati waktu selama berlibur ke Lampung.

Puncak Mas adalah sebuah tempat yang berada di ketinggian yaitu di perbukitan Kota Tapis Berseri. Dari Puncak Mas, Anda bisa menyaksikan pemandangan kota dari kejauhan. Suasananya juga sejuk, terutama pada sore dan malam hari. 

Tidak perlu khawatir karena Puncak Mas sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Di sini juga ada banyak spot foto yang unik dan instagramable. Anda pun bisa menikmati aneka wahana permainan seperti sepeda gantung. Banyak gazebo di sekitarnya untuk duduk dan bersantai.

Lokasi Puncak Mas tidak jauh dari pusat kota. Jarak dari Kota Bandar Lampung hanya sekitar 9 Km yang dapat ditempuh dalam waktu 30 menit. Anda bisa membawa kendaraan pribadi untuk mencapai tempat ini karena jalurnya cukup memadai. Ada area parkir juga yang bisa digunakan.

Ternyata, objek wisata di Lampung cukup banyak dan menarik untuk dijelajahi. Bagi Anda yang penasaran dan ingin melihat langsung pesona daerah paling ujung di Pulau Sumatera ini, segera pesan tiket pesawat lewat Traveloka. Dijamin Anda akan betah menikmati keindahan alamnya yang memukau.

Comment