Mau Eksplorasi Keindahan Malam? Pilih Smartphone Kamera Yang Tepat

Sesungguhnya, malam hari menyajikan suasana yang tak kalah mempesona untuk diabadikan melalui kamera smartphone. Pemandangan suasana perkotaan dengan gemerlap lampunya, taman-taman kota yang berhias lampu warna-warni, atau berada di dalam sebuah café bersuasana cozy.

Cuma, memotret di malam hari tak segampang memotret di siang hari yang cahayanya berlimpah. Pada malam hari, hanya tersedia cahaya dari lampu. Atau cahaya bulan tatkala sedang purnama di langit yang bersih. Tanpa dibekali smartphone yang bagus, keindahan suasana malam itu tak bakal terekam dengan baik pula.

Yang didapat nanti hanya sebuah foto buram yang dipenuhi bintik pixels (noise), foto yang blur karena efek shaking. Atau, sebuah foto selfie di taman yang hanya menampakkan foto wajah saja, sementara suasana taman sebagai background malah gelap. Atau sebaliknya, latar belakang yang kelihatan tak begitu jelas, dengan wajah yang over exposure.

Bagi seorang professional, tantangan itu bisa diatasi dengan penguasaan teknik fotografi yang mumpuni, menggunakan moda Pro. Tapi kan tak semua orang punya skill fotografi yang memadai. Bagi penggemar awam, solusinya adalah membekali diri dengan smartphone kamera yang tepat.

Untuk mengetahui mana smartphone kamera yang tepat untuk diajak memotret malam hari, beberapa hal ini bisa jadi perhatian. Pertama, resolusi kamera yang memadai. Walau bukan faktor utama, resolusi kamera akan membantu menghasilkan foto yang tajam. Semakin besar resolusi, semakin tajam foto yang dihasilkan, karena pixels-nya juga semakin padat.

Berikutnya adalah diafragma, atau bukaan lensa. Ditunjukkan dengan angka f number. Semakin kecil angka f number, semakin besar bukaan lensa. Artinya, semakin peka menangkap cahaya dan semakin banyak cahaya yang bisa ditangkap. Malam hari yang minim cahaya, butuh bukaan besar.

Kemudian, pilih smartphone yang kameranya ada moda night photo. Smartphone yang dilengkapi moda ini, fitur kameranya sudah didukung dengan pengaturan otomatis untuk memotret malam/low light. Sehingga hasil foto lebih maksimal. Perhatikan pula, apakah smartphone memiliki fitur EIS/OIS. Keberadaan fitur ini membantu mengurangi efek shaking ketika memotret.

Baca Juga :  Bluetooth Alliance: Samsung Galaxy S21 Akan Pakai Chip Exynos 1080

Beberapa kamera smartphone, memiliki kinerja bagus. Dalam artian, cepat dan akurat menangkap focus, dan tidak terlalu lama ketika merekam gambar dalam kondisi lowlight. Semakin lama proses rekam, resiko shaking yang membuat gambar blur semakin besar.

Nah, di antara sekian banyak smartphone kamera yang ada di pasaran, salah satu yang bisa jadi pilihan tepat untuk mengeksplorasi keindahan suasana malam adalah OPPO Reno4. Smartphone yang jadi “Best Mobile Photography KalbarOnline Editor Choice 2020” ini memiliki segala persyaratan untuk menjadi perangkat tepat untuk mengabadikan suasana malam. Baik itu untuk foto panoramic maupun selfie.

Reno4 memiliki quad kamera, yang kamera utamanya dilengkapi bukaan f/1.7. Angka yang besar untuk menjamin lebih banyak cahaya yang tertangkap. Sehingga, cahaya yang minimum sekalipun masih bisa terekam dengan baik oleh kameranya. Namun, keunggulan smartphone ini untuk sektor kamera tidak berhenti sampai di situ.

Mau Eksplorasi Keindahan Malam? Pilih Smartphone Kamera Yang Tepat 2

Dia juga dilengkapi dengan teknologi dan software mutakhir untuk mengoptimalkan hasil foto. Sebut saja misalnya, teknologi Artificial Intelligent (AI), yang secara cerdas memberikan pengaturan terbaik pada setiap kondisi pemotretan –serta moda pemotretan yang dipilih.

Teknologi AI ini disematkan pada fitur inovatif yang disebut AI Super Night Portrait. Lewat fitur ini, Reno4 menggabungkan serangkaian algoritma AI termasuk HDR, yang secara instan menangkap dan menggabungkan beberapa frame pada berbagai tingkat pencahayaan, pengenalan wajah, dan penekanan highlight, yang mencerahkan foto potret tanpa mengekspos latar belakang secara berlebihan.

Hasilnya adalah sebuah foto portrait dengan obyek utama (wajah) yang jelas, tajam dengan warna natural, sementara latar belakang dan suasana sekitar ikut terekam dan muncul dengan jelas pula. Inovasi ini mengatasi masalah yang kerap terjadi ketika foto selfie di malam hari, wajah nampak jelas namun latar belakang gelap. Atau sebaliknya, latar belakang muncul, tetapi bagian wajah menjadi kelebihan pencahayaan.

Baca Juga :  Di Tengah Krisis Pandemi, Marketplace Bukalapak Terus Bertumbuh

Mau Eksplorasi Keindahan Malam? Pilih Smartphone Kamera Yang Tepat 3

Reno4 juga menyediakan inovasi menarik agar foto selfie di malam hari nampak berbeda. Dengan moda AI Color Portrait. OPPO membuat fungsi pengisolasian warna pada foto, membuat latar belakang menjadi hitam dan putih sekaligus menjaga objek manusia dalam warna yang sebenarnya. Hasilnya, sebuah foto hitam putih dengan obyek (utama) yang sepenuhnya berwarna.

Atau, bisa menggunakan moda AI Night Flare Portrait. Moda ini menghasilkan efek neon yang artistik pada bagian background (latar belakang) objek foto orang. AI Night Flare Portrait menggabungkan efek bokeh dan algoritma HDR pada pencahayaan rendah untuk mencerahkan foto di lingkungan dengan cahaya redup, sekaligus menambahkan efek latar belakang bokeh. Efek ini akan terlihat hasilnya ketika pengambilan foto dilakukan di lokasi yang sarat dengan kelap-kelip lampu perkotaan, yang membuat objek foto tampil lebih cerah.

Ditambah dengan beberapa fitur lain, seperti AI Super Clear Portrait, yang meningkatkan detail pada saat mengambil foto potret. Serta AI Beautification 2.0, fitur AI beautification generasi ke-2, yang telah disesuaikan untuk preferensi kecantikan dengan mempertahankan warna kulit alami tanpa menghilangkan detail.

Kepingin punya OPPO Reno4 untuk mengeksplorasi keindahan malam serta mengekspresikan kepribadian yang lebih dinamis? Kebetulan OPPO tengah menggelar program Joy-Full Sale. Anda bisa mendapatkan produk OPPO dengan harga yang lebih ekonomis. Semisal Reno4 F, yang tadinya Rp4.299 juta, didiskon menjadi Rp3.99 juta.

Atau membeli Oppo Reno4, mendapat free gift. Mau yang lebih canggih? Ada OPPO Reno4 Pro, yang tadinya Rp7.999 juta, menjadi Rp6.999 juta. Ada pula cashback untuk pembelian produk-produk tertentu.

Tertarik? Intip saja di situsnya https://events.oppo.com/id/the-joyfull-oppo-sale/. Terus pilih seri yang pas dengan selera.

The post Mau Eksplorasi Keindahan Malam? Pilih Smartphone Kamera Yang Tepat appeared first on KalbarOnline.com.

Comment