Kesal, China Minta Amerika Setop Sebar ‘Hoaks’ Tentang Beijing

KalbarOnline.com – Pemerintah China nampaknya ‘geram’ dengan sikap Amerika Serikat yang dinilai menyebarkan berita bohong tentang Beijing, menyusul tudingan AS jika Beijing merusak aturan hukum internasional. Karenanya, Beijing meminta AS kembali berpikir rasional dan mengedepankan alasan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying seperti dilansir dari Presstv, membuat komentar itu sebagai tanggapan atas tweet dari Departemen Luar Negeri AS yang mengklaim tindakan Beijing “menjungkirbalikkan institusi global untuk memenuhi ambisinya sendiri.”

Hua mengatakan pada hari Senin bahwa “berbohong seribu kali tidak membuatnya benar. “Faktanya, AS yang telah menarik diri dari perjanjian multilateral, melanggar janji, dan bermain-main dengan sanksi dan ancaman kepada pihak lain,” kata Hua.

Baca Juga :  Innalillahi! Rektor Paramadina Prof Firmanzah Meninggal Dunia

Pemerintahan Presiden AS Donald Trump seperti diketahui menarik diri lebih dari 10 perjanjian internasional, yang mencakup bidang-bidang seperti perubahan iklim, pengendalian senjata, dan non-proliferasi.

Hua juga mengkritik penarikan diri AS dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada saat kritis ketika komunitas internasional bersatu dalam memerangi pandemi virus corona.

Kembali pada bulan Juli, Trump mengumumkan penarikan AS dari badan yang bermarkas di Jenewa itu, menuduh WHO menjadi “boneka” China selama pandemi COVID-19.

Langkah itu dilakukan setelah lebih dari 70 tahun menjadi anggota AS di WHO. “Fakta berulang kali membuktikan bahwa Amerika Serikat adalah faktor destabilisasi terbesar yang mengancam perdamaian dan keamanan global dan regional,” tambah Hua.

Juru bicara China juga menyarankan agar survei dilakukan di China untuk melihat apakah warga China menganggap klaim tersebut benar.

Baca Juga :  Komisaris HAM PBB: Pemerintah Harus Siaga, Tahanan Ngamuk di Tengah Wabah Covid-19 Rentan Terjadi

Menurut jajak pendapat di sepuluh negara, termasuk Jerman, Jepang, dan Korea, sekitar 50 persen responden percaya bahwa Washington merupakan ancaman besar bagi keamanan nasional mereka.

“Diharapkan Amerika Serikat akan berhenti menipu dirinya sendiri, menghentikan pembuatan informasi palsu, dan kembali ke rasionalitas dan mengedepankan alasan secepat mungkin,” kata Hua.

Pemerintahan Trump telah mengejar kebijakan luar negeri yang agresif sehubungan dengan China, melawan Beijing di berbagai bidang selama empat tahun terakhir.

Washington juga telah menjatuhkan sanksi kepada puluhan perusahaan China, termasuk perusahaan teknologi, atas tuduhan memiliki hubungan militer dengan Beijing. [ind]

Comment