by

Saat Dunia Kehilangan Salah Seorang Bintang Terbesar dalam Sejarah

KalbarOnline.com-Berita mengejutkan, menggemparkan, dan sangat mengiris hati datang dari dunia olahraga pada awal tahun 2020.

Salah seorang legenda terbesar NBA dalam sejarah, Kobe Bryant, meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter di Southern California, 27 Januari 2020 WIB.

Sembilan orang meninggal dalam kecelakaan tersebut. Selain Kobe, korban lainnya adalah putri Kobe, Gianna, dan pelatih bisbol Orange Coast College John Altobelli. Kobe meninggal pada usia 41 tahun. Sedangkan Gianna berpulang pada umur 13 tahun.

Baca Juga: Pemain No 1 Dunia: Awal Tahun Kecelakaan Ngeri, Akhir Tahun Juara

Kobe bermain di NBA selama 20 musim. Dia sukses luar biasa baik secara tim maupun individual. Kobe meraih lima cincin juara NBA, sebuah trofi MVP, dua MVP Finals, 18 kali terpilih dalam skuad NBA All-Star, 4 MVP NBA All-Star, 11 kali terpilih masuk skuad first team NBA, dua kali top scorer NBA, dan sekali juara slam dunk contest.

Selain itu, Kobe membantu Amerika Serikat meraih dua emas Olimpiade pada Beijing 2008 dan London 2012.

“Kobe akan selalu diingat karena menginspirasi orang-orang di seluruh dunia karena memilih bola basket dan berkompetisi dalam kemampuan terbaik. Dia adalah orang yang murah hati, bijak, serta mau berbagi inspirasi dengan pemain-pemain dari generasi saat ini,” kata Commisioner NBA Adam Silver.

“Kobe menunjukkan kepada kita semua apa yang mungkin terjadi ketika talenta luar biasa melebur dalam hasrat menang yang dahsyat. Dia adalah salah seorang pemain sangat luar biasa dalam sejarah dalam permainan ini,” imbuh Silver.

Setelah pensiun dari basket, Kobe berkarya dalam berbagai macam bidang. Dia meraih Oscar lewat film animasinya yang berjudul ”Dear Basketball.” Selain itu, Kobe mengkreasi web series berjudul “Detail” untuk jaringan televisi olahraga ESPN. Di sana, Kobe melakukan analisis permainan bintang-bintang NBA saat ini.

Kobe juga banyak terlibat untuk melatih putrinya. Juga mendirikan pusat pelatihan Mamba Sports Academy.

Dia juga berinvestiasi pada berbagai macam bidang termasuk teknologi dan minuman kesehatan. Forbes menaksir, aset Kobe mencapai USD 2 miliar (sekitar Rp 27,2 triliun).

Minggu pagi waktu setempat (26/1), helikopter berjenis Sikorsky S-76B yang Kobe tumpangi, jatuh dan terbakar di Calabasas, California. Lokasi itu berjarak sekitar 48 kilometer di barat daya Los Angeles. Helikopter yang dipiloti Ara Zobayan itu menabrak bukit.

Kobe meninggalkan istri bernama Vanessa dan tiga orang putri yakni Natalia, 17, Bianka, 3, dan bayi Capri yang baru berusia 6 bulan.

Comment

News Feed