Parodi Lagu Indonesia Raya Viral, Malaysia Merespon

KalbarOnline.com – Publik Indonesia dibuat geram oleh ulah warganet yang diduga Warga Negara Malaysia melalui akun Youtube MY Asean, yang memparodikan lirik lagu “Indonesia Raya”. Dalam lagu itu, berisi kata-kata yang tidak pantas dan menghina Indonesia serta para Presiden Indonesia.

Lirik lagu diawali dengan suara ayam berkokok. Aransemen lagu pun terlihat hampir seperti aslinya, hanya tambahan suara ayam dalam lagu itu. Sepanjang video terdapat background Merah Putih ditimpal dengan dua anak yang tampak sedang membuang air seni. Sementara di tengahnya terdapat ayam berlambang Pancasila.

Baca Juga :  Terkait PAN Reformasi, Loyalis Zulkifli Hasan: Jangan Provokasi Amien

Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, Minggu (27/12/2020), dalam keterangan resmi mengatakan otoritas berwenang Malaysia saat ini melakukan investigasi terhadap ungguhan parodi lagu “Indonesia Raya”.

“Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta telah memperhatikan video yang telah menghina Indonesia. Dimana video tersebut diklaim telah diunggah dari Malaysia,” tulis pernyataan resmi Kedubes Malaysia dalam akun Facebook-nya sebagaimana dilihat, Minggu (27/12/2020) malam.

Dalam keterangan tersebut dinyatakan jika pelaku pembuat dan pengunggah parodi lagu “Indonesia Raya” terbukti WN Malaysia, tindakan tegas akan diterapkan sesuai hukum negara setempat.

Baca Juga :  Ditangkap, Pasien Covid dan Perawat Pelaku Mesum LGBT di Wisma Atlet Diserahkan ke Polisi

Keterangan resmi Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta turut menyebut mengutuk bentuk tindakan memprovoksi, yang bermaksud untuk mempengaruhi hubungan bilateral yang dekat antara Indonesia dan Malaysia.

“Pemerintah Malaysia mengutuk keras setiap provokasi negatif yang dimaksudkan untuk mempengaruhi hubungan bilateral yang erat antara Malaysia dan Indonesia,” tegasnya.

Menurut informasi yang beredar hari ini, pihak Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur telah melaporkan akun MY Asean ke pihak kepolisian. [rif]

Comment