Terkait PAN Reformasi, Loyalis Zulkifli Hasan: Jangan Provokasi Amien

KalbarOnline.com – Loyalis Ketua Umum PAN terpilih periode 2020-2025 Zulkifli Hasan (Zulhas), Viva Yoga Mauladi, meminta para kader tidak memprovokasi politikus senior Amien Rais lewat isu pembentukan PAN Reformasi.

“Jangan memprovokasi Amien Rais menjadi cap stempel demi agenda politik pribadi dan ambisi kader yang kecewa,” kata dia, Kamis (12/3/2020).

Yoga menyebut sebaiknya semua pengurus dan kader PAN menerima hasil Kongres V PAN yang telah melahirkan keputusan yang sah, legal, dan konstitusional.

Bila ada yang tidak puas atas hasil Kongres V PAN, Viva mempersilakan untuk menempuh jalur hukum. “Jika setelah kalah berkompetisi lalu merasa berkeberatan dengan hasil keputusan kongres, silahkan menggugat sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ungkapnya.

Lebih dari itu, Viva menyatakan bahwa Zulhas tidak mungkin atau memiliki niat untuk menyingkirkan Amien dari PAN. Dia menegaskan Amien, yang merupakan salah satu pendiri, ikon, dan tokoh reformasi, tak tergantikan di partainya.

“Bahkan di setiap hasil survei, PAN identik dengan Pak Amien. Pak Amien identik dengan PAN, dan Zulhas, Hatta Rajasa, Soetrisno Bachir itu murid dan santrinya Pak Amien. Sampai kapan pun, Pak Amien tidak tergantikan,” tutur Viva.

Baca Juga :  Polisi Bubarkan Perayaan 1 Muharram yang Hadirkan Artis Evie Tamala

Sebelumnya, Koordinator Tim Konsolidasi Lapangan Pemenangan Mulfachri Harahap, Asri Anas, menyatakan bahwa sejumlah kader dan tokoh PAN mendorong agar Amien membentuk PAN Reformasi.

Asri menyatakan dorongan tersebut telah diusulkan oleh ratusan DPD dan DPW PAN serta ribuan tokoh yang pernah terlibat di PAN dan tokoh Muhammadiyah.

“Perlu kami sampaikan kami sudah menerima usulan dari 158 DPD dan DPW serta 1.300 tokoh-tokoh yang pernah terlibat di PAN dan tokoh yang pernah terlibat di era reformasi, termasuk tokoh-tokoh Muhammadiyah agar Pak Amien dari pada tidak diperlakukan tidak baik oleh PAN agar membentuk PAN Reformasi,” kata Asri, Rabu (11/3).

Sementara itu, Asri pun menyatakan klaim Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) bahwa Amien spesial di PAN hanya basa-basi. Menurutnya, Zulhas dan pendukungnya telah berniat menyingkirkan Amien dari kepengurusan karena menganggap Amien sebagai penghambat.

Baca Juga :  Gelora Dukung Gibran-Bobby di Pilkada, Anis Matta: Itu Dinamika Politik di Daerah

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Sulawesi Barat (DPW PAN Sulbar) itu juga menyampaikan bahwa Zulhas tidak pernah mengajak Amien untuk berbicara pascapenyelenggaraan Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 10-12 Februari 2020 silam. “Jadi ibarat pendiri rumah dikeluarkan dari rumah secara tidak terhormat,” kata Asri.

Namun begitu, menurutnya, Amien belum merespons dorongan tersebut. Dia menyampaikan bahwa Amien dan Mulfachri tengh fokus pada gugatan yang akan dimasukkan ke pengadilan terkait hasil Kongres V PAN yang jauh dari semangat pendirian PAN pada pekan ini.

“Pak Amien dan Mulfachri minggu ini memasukkan gugatan ke pengadilan, menggugat proses kongres yang tidak benar dan sudah jauh dari semangat awal berdirinya PAN,” tutur dia.[ab]

Comment