KPK Era Firli vs Agus Mana Lebih Garang? Mahfud Md Nilai Era OTT-nya Edhy Prabowo-Juliari dkk

KalbarOnline.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bawah kepemimpinan Firli Bahuri lebih bertaji dibandingkan periode sebelumnya.

Menurut Mahfud, hal itu terbukti dari tahun pertama kepemimpinan Firli dan kawan-kawan, KPK sudah bisa menangkap dua menteri Kabinet Indonesia Maju, Edhy Prabowo dan Juliari Batubara. Menurutnya, pencapaian serupa tidak dapat dilakukan di era kepemimpinan Agus Rahardjo cs di periode sebelumnya.

“Kalau mau kita objektif, tahun pertama KPK yang sekarang dibandingkan dengan tahun pertama KPK yang sebelumnya itu objektifnya jauh lebih banyak sekarang prestasinya,” kata Mahfud dalam diskusi virtual Dewan Pakar KAHMI bertajuk ‘Masalah Strategis Kebangsaan dan Solusinya’, yang digelar Senin (28/1/2020).

Baca Juga :  RI Catat 369 Kasus Corona & 32 Kematian, Erick Thohir Mulai Ubah Wisma Atlet Kemayoran

Mahfud mengatakan, pencapaian itu tidak dapat dilakukan Agus Rahardjo cs. Ia bahkan menyebut jika di tahun pertama kepemimpinannya, Agus cs tidak bisa melakukan hal serupa.

“Kita ingat Agus Rahardjo menjadi ketua KPK pertama bersama Saut [Situmorang] dan sebagainya itu tahun pertama enggak bisa berbuat apa-apa,” ujar dia.

“Ini sekarang setahun sudah bisa berani menangkap menteri, DPR, DPD, DPRD, bupati, wali kota juga ditangkapin juga. Udah lebih banyak saat ini sebenarnya,” kata Mahfud melanjutkan.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengaku heran jika saat ini masih banyak masyarakat yang menuding pemerintah turut melemahkan KPK.

Menurut dia, pemerintah selama ini tidak pernah ikut campur dalam penegakan hukum yang dilakukan komisi antirasuah itu. Ia juga memastikan bahwa KPK lembaga independen.

Baca Juga :  Pasien Positif Corona Bertambah Jadi 227 Kasus di Indonesia, 19 Meninggal Dunia

“KPK itu adalah lembaga di dalam rumpun eksekutif, tetapi bukan bagian dari lembaga eksekutif seperti KPU juga, Komnas HAM. Itu kan rumpunnya eksekutif tapi bukan bagian apalagi bawahan eksekutif,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Firli Bahuri dkk dilantik sebagai pimpinan KPK oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 20 Desember 2019. Belum genap setahun kepemimpinannya, Firli Bahuri dkk berhasil menguak kasus dugaan korupsi dua menteri, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan Menteri Sosial Juliari P Batubara.

Edhy dan Juliari saat ini sudah tidak lagi menjabat sebagai menteri. Mereka menyandang status tersangka dan kini sedan menjalani proses penahanan. [ind]

Comment