Jangan Habiskan Energi Untuk Kelompok yang Memproduksi Ketidaktertiban

KalbarOnline.com – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyatakan, masyarakat tidak perlu ambil pusing terhadap kelompok yang terus berlaku tidak tertib. Ini bisa berakibat pada meningkatnya pelanggaran peraturan.

“Kita jangan menghabiskan energi untuk mengurus orang lain atau kelompok yang terus memproduksi ketidaktertiban sehingga melanggar peraturan,” kata Fadil dalam Fadil dalam acara Webinar Silaturahmi Nasional Lintas Agama, Minggu (27/12).

Fadil menyampaikan, Indonesia merupakan negara yang dibangun dengan persatuan dan persaudaraan. Karena itu, dia meminta tidak ada boleh ada satupun kelompok yang kerap melakukan penindasan kepada kelompok lainnya.

Baca Juga :  Selama Pandemi, Menteri Basuki: Saya Mandi 3 Kali Sehari

“Jantung persatuan bangsa dan persaudaraan adalah inti kemanusiaan dan tiap manusia dengan manusia lainnya setara sehingga tidak boleh terjadi penindasan antara manusia yang satu terhadap atau kelompok masyarakat yang lain,” tegas Fadil.

“Inti dari kemerdekaan bukan semata-mata kedaulatan negara tetapi memberi hak aman untuk semua warga itu,” sambungnya.

Mantan Kapolda Jawa Timur ini menuturkan, peradaban dan kemajuan besar dunia ditopang berdasarkan tiga hal. Diantaranya pengetahuan, kemajemukan dan toleransi.

Baca Juga :  Istri dan 2 Anak Perwira TNI AU Berada di Sriwijaya Air yang Jatuh

Menurut Fadil, tiga hal tersebut harus dikedepankan agar setiap anak bangsa bisa mengembangkan potensinya tanpa takut ancaman. Khususnya tidak hanya terpaut pada suku, agama dan ras.

“Setiap anak bangsa harus diberi rasa nyaman untuk mengembangkan potensinya tanpa ada ketakutan dan kecemasan. Jadi kita harus memenangkan masa depan dan kita harus sibuk menghadapi masa depan,” pungkas Fadil.

Comment