Selain 3M, Ini Jurus Menkes dan Wamenkes Tekan Lonjakan Kasus Covid-19

KalbarOnline.com – Duet Menteri Kesehatan dan Wakil Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin bersama dr. Dante Saksono Harbuwono berusaha mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 menyambut libur akhir tahun. Apalagi setelah liburan biasanya tren kasus akan kembali naik. Maka selain mengingatkan disiplin protokol kesehatan, mereka berdua memiliki kiat untuk mencegah lonjakan pasien.

Masyarakat selalu diingatkan untuk wajib memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak (3M).
Di masa liburan panjang seperti ini, Menkes Budi berpesan agar masyarakat mengusahakan untuk tinggal di rumah dan terus pastikan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Ini yang harus kita lakukan terus untuk pencegahan, jangan sampai nanti sesudah liburan yang indah ini kita bersama keluarga, kemudian ada dari keluarga kita yang terkena,” katanya dalam konferensi pers baru-baru ini.

Baca Juga :  Antisipasi Peningkatan Kasus, Karolin Imbau Warga dan ASN Landak Tak Pergi Keluar Daerah Selama Libur Panjang

Baca Juga: Pantau Ruang ICU dan Faskes Covid-19, Menkes Budi Ingatkan Pentingnya

“Kalau itu disiplin dilakukan, kita semua aman, keluaga aman, dan kita semua melaksanakan liburan juga dengan aman,” lanjutnya.

Wamenkes dr. Dante Saksono Harbuwono mengatakan kesiapan yang dihadapi menjelang liburan ini adalah salah satu kunci yang paling penting dalam menanggulangi lonjakan kasus. Menurutnta lonjakan kasus tidak bisa dihindari, pasti akan ada. Akan tetapi, yang paling penting lagi dalam lonjakan kasus tersebut adalah angka kematian yang tidak boleh makin meningkat.

Baca Juga :  PLTD Sukaharja Kebakaran, PLN Ketapang Minta Maaf

“Untuk mendapatkan angka kematian yang tidak makin meningkat tersebut, maka kami melakukan kunjungan yang efektif ke RSCM, sehingga semua ketersediaan obat obatan, fasilitas kesehatan, dan tenaga medis tercukupi,” jelas dr. Dante.

Menurut dr. Dante, sebenarnya komunikasi positif dan edukasi seputar pandemi dengan tidak menakut-nakuti orang, justru membuat orang bisa lebih sadar agar peduli terhadap 3M. Hal itu jauh lebih penting dan lebih baik.

“Bagaimana melakukan komunikasi yang positif tadi,” tegssnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment