by

Cegah Penularan Covid saat PTM, Siswa Harus Bawa Masker Cadangan

KalbarOnline.com – Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi menyampaikan, bahwa pemakaian maksimal masker idealnya adalah selama 4 jam. Setelahnya harus diganti.

Terkait dengan pembelajaran tatap muka (PTM), dia meminta para guru untuk memberikan informasi kepada anak didiknya terkait penggunaan masker tersebut.  Khususnya terkait dengan protocol kesehatan (3M), yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

’’Memakai masker itu maksimal 4 jam ya, maka kalau anak nanti belajar di sekolah lebih dari 4 jam, anak harus membawa masker cadangan. Jadi semua yang ada di sekolah membawa masker cadangan,’’ ungkapnya.

Ia pun mengungkapkan persentase risiko penularan. Jika ada yang terkena virus tapi tanpa gejala dan tidak memakai masker, kemudian ada yang sehat tapi tidak pakai masker dan jaga jarak, potensi penularannya 100 persen. ’’Kemudian, yang punya virus ini tidak pakai masker dan yang sehat pakai masker, potensi penularan 70 persen,’’ tambahnya. ’’Kalau yang sakit pakai masker dan sehat tidak pakai masker, risiko penularan nya tinggal 5 persen. Lalu kalau keduanya pakai masker risiko 1,5 persen,’’ sambung dia.

Jadi potensi penularannya besar, makanya mereka yang sakit harus pakai masker. Pertanyaannya adalah siapa yang sakit atau membawa virus, hal itu tidak diketahui. ’’Menggunakan masker secara bersama-sama adalah bentuk disiplin untuk menghindarkan kita dari penularan Covid-19,’’ ucapnya. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed