Guru Asal India Jadi Guru Terbaik Dunia

KalbarOnline.com – Ranjitsinh Disale menghabiskan karirnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Desa Paritewadi, Negara Bagian Maharashtra, India. Tahun ini jerih payahnya terbayar. Dia baru saja dianugerahi sebagai guru terbaik di dunia versi Varkey Foundation.

Global Teacher Prize merupakan kompetisi bagi guru di berbagai penjuru dunia yang berperan dalam sektor pendidikan. Kamis lalu (3/12), panel juri memutuskan bahwa Disale pantas menjadi pemenang di antara 12 ribu kandidat lainnya.

”Pada masa sulit ini, guru terus berusaha memastikan bahwa pendidikan merupakan hak lahir setiap siswa,” ungkap pria 32 tahun itu seperti dilansir BBC.

Baca Juga :  Kecanduan Alkohol, 10 Orang di India Tewas Usai Tenggak Hand Sanitizer

Disale dianggap mewakili guru-guru global dalam kiprahnya di Sekolah Dasar Zilla Parishad. Bertahun-tahun, dia memastikan bahwa pelajar perempuan bisa mengakses pendidikan.

Di wilayah pedesaan India, perempuan masih memperoleh diskriminasi di sektor pendidikan. Masyarakat kolot berpikir percuma untuk menyekolahkan anak gadis mereka karena mereka dipandang akan berakhir sebagai ibu rumah tangga.

Baca Juga :  Hadapi Aksi Massa Tolak Kudeta, Junta Militer Mulai Gunakan Kekuatan

Proyek pahlawan tanpa tanda jasa asal India itu tidak hanya terbatas di desanya. Dia juga memberikan kelas sains virtual untuk muridnya di 83 negara. Selain itu, dia membangun proyek internasional untuk menjembatani generasi muda di daerah konflik.

Yang mengejutkan, Disale menyatakan hanya ingin menerima setengah dari USD 1 juta (Rp 14,1 miliar) yang sudah disiapkan penyelenggara. Dia ingin membagikan sisanya untuk para finalis lainnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment