Kecanduan Alkohol, 10 Orang di India Tewas Usai Tenggak Hand Sanitizer

KalbarOnline.com – Ada-ada saja yang dilakukan warga di sebuah desa di negara bagian Andhra Pradesh, India. Setidaknya 10 orang tewas karena minum gel pembersih tangan atau hand sanitizer berbahan alkohol. Itu terjadi lantaran toko minuman keras di wilayah itu masih ditutup.

Seperti diketahui, Desa Kurichedu telah ditutup setelah mencatat lonjakan kasus Covid-19. Sementara warga di sana terbilang kecanduan minuman keras. Kepala polisi distrik Siddharth Kaushal mengatakan orang yang meninggal telah mencampur hand sanitizer dengan air dan minuman ringan. Tindakan itu dilakukan sekitar 10 hari sebelum mereka meninggal.

Baca Juga :  French Bulldog Jadi ‘Wali Kota’

“Kami sedang menyelidiki apakah sanitizer itu memiliki kandungan racun lainnya,” kata Kaushal kepada wartawan seperti dilansir dari BBC, Sabtu (1/8).

Dia menambahkan bahwa mereka telah mengirim sampel hand sanitizer untuk diteliti. Beberapa orang yang sangat kecanduan alkohol telah mengkonsumsi pembersih tangan dalam jumlah banyak.

“Alkohol tidak tersedia karena lockdown, tetapi hand sanitizer mudah tersedia,” katanya.

Pemerintah federal India telah membuka kembali sebagian besar bisnis untuk mencegah kehancuran ekonomi yang parah. Awal pekan ini diumumkan bahwa institut yoga dan pusat kebugaran akan diizinkan dibuka kembali.

Baca Juga :  Proyek SYPWAI: Tujuan dan Peluang Utama

Kasus-kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di Andhra Pradesh, di India selatan, telah meningkat sembilan kali lipat pada bulan lalu. Sementara itu, India telah mencatat lebih dari 55 ribu kasus infeksi baru secara nasional selama 24 jam terakhir. Korban tewas naik 779 jiwa sehingga totalnya lebih dari 35.700 orang.

Comment