Jelang Pilkada Serentak, Warga Diingatkan Disiplin Protokol Kesehatan

KalbarOnline.com – Gelaran puncak Pilkada serentak 2020 akan tiba dalam beberapa hari ke depan. Satgas Penanganan Covid-19 meminta pesta demokrasi ini tidak menjadi ajang penularan baru atau bahkan melahirkan klaster baru Covid-19.

“Dalam keadaan pandemi, tentunya pemilihan kepala daerah atau pemilihan umum (pemilu) tidak bisa dilakukan secara normal,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito beberapa waktu lalu.

Wiku menyampaikan, ada 4 hal penting yang harus diperhatikan masyarakat. Pertama sebagai pemilih harus menyadari pentingnya peran kepala daerah untuk membawa masing-masing daerah bangkit dari Covid-19. Oleh karena itu, Satgas menyarankan pemilih memilih pemimpin yang menaati aturan-aturan terkait protokol kesehatan saat berkampanye, karena dapat menjadi cerminan tanggung jawab pemimpin kedepannya.

Baca Juga :  HP 14s-DK1001AU: Untuk Aktivitas Harian Normal, Bukan Gaming Berat

“Saya berharap masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya memiliki pemimpin yang bertanggung jawab dan memiliki kapasitas serta komitmen untuk memimpin daerah di tengah masa pandemi,” imbuhnya.

Kedua, masyarakat diminta selalu mematuhi protokol kesehatan selama gelaran pilkada 2020 berlangsung. Jangan sampai pilkada ini berkontribusi terhadap peningkatan kasus atau menjadi klaster baru penularan. “Gelaran pilkada dapat berlangsung aman apabila semua pihak disiplin protokol kesehatan serta mengikuti aturan yang ditetapkan KPU,” ucap Wiku.

Baca Juga :  OTG jadi Subjek Penelitian, BPOM Pertanyakan Uji Klinis Obat Covid-19

Ketiga, para calon pemimpin di daerah, manfaatkanlah sisa masa kampanye ini dengan baik dan jangan lelah mengkampanyekan pentingnya pilkada yang aman dan bebas Covid-19. “Bersikaplah dengan penuh tanggungjawab dan jangan melakukan kegiatan kampanye yang memicu kerumunan,” pungkas Wiku.

Keempat, kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di daerah, segera ambil tindakan tegas apabila ditemukan calon kepala daerah yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Bawaslu diminta berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 daerah untuk segera membubarkan kegiatan kampanye yang menimbulkan kerumunan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment