Sering Disalahpahami, Berikut 8 Fakta Kepribadian Introvert yang Sebenarnya!

Meskipun banyak orang dengan kerpibadian introvert, jenis kepribadian ini sering disakahpahami. Sangat banyak miskonsepsi tentang introvert yang beredar di masyarakat. Inilah kenapa penting untuk tahu fakta tentang kepribadian introvert yang sebenarnya

Apa saja fakta tentang kepribadian introvert yang tidak diketahui banyak orang? Cek di bawah ini, ya!

Baca juga: Tips Bahagia Buat Orang Introvert

8 Fakta tentang Introvert yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Di bawah ini merupakan fakta tentang kepribadian introvert yang perlu diluruskan, sehingga Kamu tidak lagi salah paham saat bertemu orang dengan kepribadian ini:

1. Diam Bukan Berarti Malu

Terkadang orang membuat asumsi bahwa hanya karena seseorang pendiam, berarti dia pemalu. Ada perbedaan besar antara introversi, pemalu, dan kecemasan sosial. Orang dengan kepribadian introvert tidak selalu merasa khawatir dan takut berbicara dengan orang lain, meskipun beberapa di antaranya memang memiliki sifat pemalu atau kecemasan sosial.

Orang introvert hanya lebih memilih berpikir sebelum berbicara. Inilah salah satu fakta tentang kepribadian introvert yang tidak diketahui banyak orang. Jadi, lain kali kalau Kamu bertemu orang pendiam, jangan langsung menganggap bahwa ia pemalu atau takut berbicara dengan orang lain, ya

2. Mereka Tidak Marah atau Depresi

Ketika orang introvert merasa kewalahan karena terlalu banyak bersosialisasi, mereka biasanya membutuhkan waktu untuk menyendiri dalam suasana tenang setelahnya. Namun, terkadang orang salah menafsirkan bahwa keinginan untuk menyendiri ini sebagai hal negatif, seperti sedang marah, sedih, atau cemas.

Baca Juga :  Normalkah Bayi Berkeringat Ketika Menyusu?

Kalau Kamu termasuk orang dengan kepribadian introvert, mungkin Kamu sebelumnya pernah ditegur orang tua agar keluar dari kamar dan berhenti ngambek. Padahal Kamu hanya sedang membutuhkan waktu untuk menyendiri.

3. Mereka Bisa Bersenang-senang Juga Lho!

Introvert bukannya tidak suka bersenang-senang. Meskipun orang introvert pendiam di acara-acara sosial, bukan berarti mereka tidak sedang bersenang-senang. Pada umumnya, kepribadian introvert sudah merasa senang hanya dengan duduk tenang dan memerhatikan orang lain di suatu acara. Orang introvert memiliki sifat ingin tahu dan mau belajar lebih banyak tentang dunia dan orang-orang di sekitarnya.

4. Mereka Bukannya Tidak Sopan

Orang dengan kepribadian introvert memang lebih banyak diam saat bertemu orang yang baru dikenalnya. Orang lain mungkin sulit mengetahui apa yang sedang mereka pikiran. Hal ini bisa membuat orang lain menyalahartikan hal tersebut sebagai perilaku tidak sopan. Penting untuk memahami bahwa orang introvert membutuhkan waktu untuk memahami diri Kamu lebih baik sebelum mereka merasa nyaman dan mau membuka diri.

Baca juga: Ini Perbedaan antara Anak Introvert dan Pemalu

5. Mereka Bukan Orang Aneh

Masih ada orang yang berpikir bahwa orang introvert itu aneh. Perilaku introvert bukanlah perilaku aneh atau eksentrik. Menganggap mereka aneh merupakan hal yang tidak adil dan bisa menyinggung mereka. Ini juga salah satu fakta tentang introvert yang tidak diketahui banyak orang.

Baca Juga :  Kasus DBD Terus Meningkat, Pemkab Ketapang Kaji Penetapan Status KLB

6. Mereka Tidak Selalu Sendiri

Meskipun orang introvert mungkin membutuhkan waktu menyendiri untuk mengembalikan energi, bukan berarti mereka selalu sendiri setiap waktu. Orang introvert juga suka menghabiskan waktu dengan orang lain, terutama orang yang sudah mereka kenali dengan baik.

7. Mereka Tidak Memiliki Penghargaan Diri (Self-Esteem) Rendah

Satu fakta tentang orang introvert yang tidak diketahui banyak orang adalah, hanya karena mereka pendiam bukan berarti mereka memiliki self-esteem atau rasa percaya diri yang rendah.

Hal ini khususnya akan menjadi masalah ketika orang tua anak yang memiliki kepribadian introvert, memaksa mereka untuk bersosialisasi sebagai cara untuk ‘mengubah’ perilaku anak yang mereka sangka sebagai pemalu dan tidak percaya diri.

8. Tidak Sopan Mengatakan bahwa Mereka “Terlalu Pendiam”

Untuk orang introvert, seringkali dibilang “Kamu terlalu pendiam” merupakan hal yang tidak sopan dan bisa melukai hati mereka. Pasalnya, hal tersebut memberikan implikasi bahwa tidak normal atau ada yang salah dari mereka. (UH)

Baca juga: Walaupun Pendiam dan Dingin, Ini Keunggulan Orang Introvert!

Sumber:

VeryWellMind. Things Introverts Want You to Know. April 2020.
Zelenski JM, Whelan DC, Nealis LJ, Besner CM, Santoro MS, Wynn JE. Personality and affective forecasting: Trait introverts underpredict the hedonic benefits of acting extraverted. 2013.

Comment