Bocoran Ketua KPK: Minggu Depan Bakal Ada Walikota dan Bupati Ditahan Terkait Korupsi

KalbarOnline.com – Ketua KPK Firli Bahuri membocorkan jika bakal ada dua kepala daerah yang ditahan segera terkait tindak pidana korupsi.

“Minggu depan, lihat saja nanti. Minggu depan ini ada dua orang lagi bupati dan walikota yang kita tahan,” ungkap Firli Bahuri, kemarin.

Masih dari keterangan Firli, pada tahun 2020 ini, KPK juga sudah menahan tiga kepala daerah, yang terakhir yaitu Walikota Tasikmalaya Budi Budiman dalam kasus suap terkait pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tasikmalaya tahun Anggaran 2018.

Baca Juga :  Demo Tolak HRS di Makassar Berakhir Ricuh, Seorang Pedemo Terkena Busur Panah

“Pada 2020 ini kami sudah tahan tiga kepala daerah. Terbaru kemarin Tasikmalaya (Wali Kota Tasikmalaya, red),” ujar Firli.

Firli juga kembali mengingatkan banyaknya kepala daerah yang ditangani lembaganya. “Yang lebih memprihatinkan kita, sebanyak 19 gubernur dari 34 gubernur pernah tersangkut kasus korupsi. Kemudian, sebanyak 122 bupati/wali kota juga kena kasus korupsi,” katanya.

Baca Juga :  Jokowi Copot Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Ini Sepak Terjang Mantan Petinggi GAM Itu

Masih dari penjelasan Firli, KPK juga mencatat bahwa 26 dari 34 provinsi telah terjadi kasus korupsi sepanjang 2004 sampai 2020. “Dari 34 provinsi, sebanyak 26 provinsi terjadi korupsi. Kalau begitu hanya delapan yang tidak,” pungkasnya. [ind]

Comment