Indonesia Siap Kirimkan Guru dan Ulama Perempuan ke Afghanistan

KalbarOnline.com – Duta Besar (Dubes) Afghanistan untuk Indonesia, H.E. Faizullah Zaki Ibrahim mengunjungi kantor Kementerian Agama, Jakarta. Kunjungan itu terkait dengan permintaan pengiriman guru dan ulama perempuan dari Indonesia untuk mengajar di negara Asia Selatan itu.

Menurut Dubes Faizullah, peran perempuan Indonesia di dunia pendidikan dan hukum sangat banyak. Maka dari itu, pihaknya ingin mengajak mereka ikut tergabung di dalam sistem pendidikan Afghanistan sebagai volunteer.

“Selama ini yang menjadi guru di Afghanistan laki laki, kami berharap ada bantuan guru perempuan dari Indonesia untuk mengajar di sana,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa (10/11).

Baca Juga :  Kasus Bidan Tewas Misterius di Kapuas Hulu Belum Terungkap, Polisi Minta Keluarga Bersabar

Dia juga menyampaikan bahwa masyarakat Afghanistan sangat menghargai kontribusi Indonesia untuk perdamaian di negeri yang dekat dengan Pakistan itu.

“Kontribusi damai untuk saat ini lebih sulit daripada kontribusi perang. Karenanya rakyat Afghanistan sangat berbahagia karena ada negara yang mau berkontribusi untuk perdamaian,” ujarnya.

Menteri Agama Fachrul Razi menyambut baik apresiasi dan harapan dari Afganistan. Menag mengaku akan membahas permintaan guru dan ulama perempuan Indonesia untuk Afghanistan dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Baca Juga :  Kaleidoskop 2020: Menag Jadi Menteri Ketiga yang Terinfeksi Covid-19

“Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pernah memberikan kontribusi untuk perempuan-perempuan di Afghanistan. Presiden Jokowi juga sudah berkunjung ke sana dan konsen dengan upaya perdamaian di Afghanistan,” ungkap Menag Fachrul Razi.

Indonesia, kata Menag, senang apabila bisa berpartisipasi dalam upaya perdamaian dunia, termasuk di Afganistan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment