by

Hyundai Resmi Rilis Mobil Listrik Kona dan Ioniq di Indonesia

KalbarOnline.com – Pada Jumat (6/11) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi meluncurkan mobil listrik murni (BEV) Ioniq Electric dan Kona Electric. Peluncuran duo mobil listrik Hyundai itu boleh dibilang sekaligus menjadi penanda semakin dekatnya era elektrifikasi di tanah air dengan melakukan peluncuran meski belum banyak pemain yang mengambil langkah serupa.

Managing Director PT. Hyundai Motors Indonesia Makmur, menjelaskan, dengan peluncuran Kona dan Ioniq Electric, Hyundai mempunyai tujuan untuk menyediakan gaya hidup yang terhubung dengan pengalaman berkendara yang menyenangkan bagi para pelanggan.

’’Selain itu, Hyundai terus melakukan terobosan di era baru mobilitas bebas emisi yang diwujudkan melalui pengembangan teknologi inovatif secara terus-menerus, guna meningkatkan standar efisiensi bahan bakar,” ungkapnya melalui acara peluncuran virtual pada Jumat (6/11) sore.

Dia melanjutkan, Ioniq Electric dan Kona Electric akan menjadi yang pertama di segmen masing-masing dengan sumber energi murni berasal dari baterai. Pihak HMID juga menyebut, sejak diluncurkan secara global di tahun 2018 lalu, Kona Electric telah terjual lebih dari 100,000 unit.

’’Dengan Ioniq dan Kona, kami telah mempersiapkan program-program yang dapat memberikan kemudahan bagi konsumen baik itu program pembelian hingga purna jual, sehingga para pelanggan dapat menikmati waktu berkualitas dengan mobil listrik Hyundai,” imbuh Makmur.

Berikut ini adalah spesifikasi dari Ioniq dan Kona. (*)

Ioniq Electric

Ioniq Electric diklaim dirancang dengan pendekatan futuristik dan ergonomis, dilengkapi dengan trend terkini dan teknologi mutakhir, sehingga membuat berkendara menjadi menyenangkan, aman, dan nyaman sehingga cocok untuk masyarakat perkotaan.

Dari bagian desain, mobil ini kenyal nuansa futuristik dengan floating grill dengan lampu khas unik yang berasal dari lampu depan LED ke DRL. Identitas tersebut juga terlihat pada bumper belakang yang memberikan kesatuan antara depan dan belakang.

Ioniq Electric ditata dengan ruang interior berteknologi tinggi dengan pengaturan cahaya, hiasan krom, dan floating cluster housing berbalut kulit sintetis. Jok kulit yang nyaman, dan dilengkapi dengan sunroof.

Tombol dengan tipe Shift-by-Wire meningkatkan kenyamanan pengoperasian, konsol tengah juga dilengkapi baki pengisian daya telepon tanpa kabel. Untuk mengisi daya perangkat, cukup letakkan smartphone yang kompatibel pada antarmuka pengisian daya nirkabel.

Soal mesin, Ioniq Electric menggunakan motor listrik bermagnet permanen dan berefisiensi tinggi sebesar 100 kW (136 PS) yang dipasok oleh baterai lithium ion 38,3 kWh. Motor mengembangkan torsi 295 Nm yang didistribusikan ke roda depan, dan ber akselerasi 0-100 m dalam 9,9 detik.

Ioniq Electric hadir dalam dua tipe, Prime dengan harga Rp 624.800.000 dan Signature Rp 664.800.000 (OTR Jakarta), dengan empat pilihan warna eksterior; Polar White, Fluidic Metal, Phantom Black, Fiery Red.

Kona Electric

Beralih ke Kona Electric, mobil ini hadir  bentuk dan kontur sporty untuk tampilan modern yang disebut berorientasi pada tampilan ramah lingkungan. Sudut yang rendah dan lebar melengkapi profilnya, dengan jarak sumbu roda yang panjang, dan overhang yang pendek.

Hal tersebut dikatakan dapat memastikan penanganan dan kontrol manuver yang gesit, juga memberikan stabilitas berkendara yang unggul saat melaju.

Kontrol penggerak eksklusif shift-by-wire dari Kona Electric didukung oleh elemen bridge atas konsol tengah.

Floating display menambah sensasi terbuka pada penumpang dan menempatkan informasi di depan dan tersentralisasi bagi pengemudi. Ruang interior dirancang untuk penyimpanan serbaguna, memenuhi ekspektasi dari pelanggan yang memprioritaskan teknologi ramah lingkungan sebagai gaya hidup.

Split-folding rear seats dapat dilipat rata melalui lantai yang menghasilkan ruang vertikal tambahan dan memberikan ruang untuk peralatan rekreasi sehingga dapat menampung hingga 1,114 liter. Di bagian dalam, Kona Electric dilengkapi dengan Drive Mode Select, Rear View Monitor with Dynamic Parking Guides, Parking Distance Warning, Tire Pressure Monitoring System.

Menggunakan motor listrik sinkron bermagnet permanen dengan efisiensi tinggi sebesar 100 kW (136PS) yang disuplai oleh baterai lithium ion 39,2 kWh, motor mengembangkan torsi 395Nm yang didistribusikan ke roda depan

Kona Electric tersedia dalam warna Chalk White, Galactic Grey, Dark Knight, dan Pulse Red, dengan harga Rp 674.800.000 (OTR Jakarta dan untuk kepemilikan mobil pertama).

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

Terbaru