WhatsApp Bakal Kenalkan Fitur Baru Kelola Memori, Begini Cara Kerjanya

KalbarOnline.com – Setiap aplikasi di smartphone saat ini membutuhkan ruang penyimpanan. Tak terkecuali WhatsApp, layanan perpesanan instan itu juga memakan area ruang simpan yang tak sedikit.

Bahkan karena memasang dan menggunakan WhatsApp, kerap kali memori smartphone dijumpai tiba-tiba penuh. Selain foto-foto, sticker, animasi GIF dan video, setiap kata dan huruf yang digunakan di WhatsApp bahkan menghabiskan ruang penyimpanan.

Tak jarang, pengguna smartphone dengan kapasitas ruang penyimpanan yang kecil kerap mengeluh memorinya penuh. Melihat hal tersebut, WhatsApp akan segera merilis fitur baru termasuk untuk pengguna di tanah air. Fitur tersebut adalah Storage Management atau Manajemen Penyimpanan Data.

Baca Juga :  Ini Dia Daftar Ponsel Xiaomi dan Redmi yang Kebagian Android 11

Baca juga: Fitur Baru, Pengguna WhatsApp Kini Bisa Mute Obrolan Selamanya

WhatsApp sendiri baru saja mengumumkan fitur Storage Management yang akan diluncurkan secara global minggu ini pada aplikasi WhatsApp versi terbaru. Desain baru fitur ini memudahkan pengguna untuk mengidentifikasi, meninjau, dan menghapus sejumlah konten di WhatsApp secara sekaligus untuk menghemat memori ponsel.

Fitur baru WhatsApp Storage Management. (Istimewa)

“WhatsApp kini mengelompokkan dokumen berukuran besar, serta media yang telah diteruskan berkali-kali. Fitur ini juga akan mengurutkan dokumen berdasarkan ukuran, mulai dari yang paling besar hingga paling kecil,” ujar pihak perwakilan WhatsApp melalui keterangan tertulisnya kepada KalbarOnline.com.

Baca Juga :  WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down

Selain itu, pengguna akan bisa melihat preview dokumen sebelum menghapusnya. Pengguna pun dapat meninjau media yang ada sebelum memilih sebuah file atau lebih untuk dihapus.

Ketika sudah tersedia, pengguna dapat menggunakan fitur tersebut dengan membuka Pengaturan > Penyimpanan dan Data > Kelola Penyimpanan. WhatsApp berharap dengan diluncurkannya fitur ini nanti, seluruh pengguna bisa me-manage ruang simpan atau memori ponsel dengan baik.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment