Sekjen WHO Umumkan Karantina Mandiri, Positif Covid-19?

KalbarOnline.com – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengumumkan tengah melakukan isolasi mandiri setelah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi COVID-19. Namun, Tedros menyampaikan jika saat ini dia baik-baik saja.

“Saya diidentifikasi melakukan kontak dengan seseorang yang dinyatakan positif COVID-19. Saya dalam keadaan sehat dan tanpa gejala, tetapi akan melakukan karantina mandiri dalam beberapa hari mendatang,” cuit Tedros melalui akun Twitter, seperti dikutip indopolitika.com, Selasa (3/11/2020).

Baca Juga :  Antisipasi Kejahatan Siber, BSSN dan Pemprov Jabar Bentuk JabarProv-CSIRT

Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, dia akan menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan lembaganya dalam menghadapi COVID-19 dan akan bekerja dari rumah.

“Sangat penting mematuhi pedoman kesehatan di tengah pandemi untuk “memutus rantai penularan COVID-19, menekan virus, dan melindungi sistem kesehatan,” sambung dia.

Tedros Adhanom Ghebreyesus juga meminta kepada para sejawatnya di WHO supaya tetap terus bekerjasama dengan rekan-rekan mereka di seluruh negara untuk melindungi masyarakat.

Melihat perkembangan pandemi COVID-19, WHO memperingatkan sejumlah negara di dunia mengenai langkah berbahaya atas kebijakan dalam negeri masing-masing yang justru bisa memicu lonjakan penambahan kasus.

Baca Juga :  Bantuan Subsidi Upah Buruh Sasar 15,7 Juta Orang, Begini Harapan Presiden

“Kita berada pada titik kritis dalam pandemi ini, khususnya di belahan bumi utara,” kata Tedros dalam konferensi pers pada 23 Oktober lalu, seperti dikutip dari AFP.

“Beberapa bulan ke depan akan menjadi sangat sulit bagi beberapa negara yang menempuh jalur yang salah,” tegasnya. [ind]

Comment