Tiga Juara Dunia Jagokan Khabib Nurmagomedov Mampu Pertahankan Gelar

KalbarOnline.com-Salah satu pertarungan terbesar dan paling diantisipasi dalam sejarah UFC akan tersaji besok (25/10) di Fight Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Khabib Nurmagomedov akan mempertahankan gelar juara dunia kelas ringan melawan juara interim Justin Gaethje pada partai puncak UFC 254.

Gaethje bukan lawan sembarangan. Kemenangan TKO atas Tony Ferguson pada 9 Mei lalu sangat mengejutkan. Itu membuktikan bahwa Gaethje adalah salah seorang petarung elite di kelas ringan.

  • Baca Juga: Legenda Juara Dunia Mau Tarung Lagi Asal Lawan Khabib Nurmagomedov

Dasar bela diri Khabib dan Gaethje identik yakni gulat. Namun, Khabib memiliki senjata lebih lengkap karena dia adalah pemegang sabuk hitam pada judo dan petarung kelas dunia pada cabang olahraga sambo.

Justin Gaethje saat timbang badan kemarin. (UFC).

Duel ini sangat menyita perhatian bagi para petarung-petarung elite mixed martial art (MMA). Juara dunia kelas bulu UFC Alexander Volkanovski mengatakan sangat sulit untuk melakukan prediksi siapakah pemenang dalam pertarungan ini.

Baca Juga :  Video Tinju Viral Lama Conor McGregor yang Masih Jadi Bahan Tertawaan

“Gaethje adalah pegulat yang sangat bagus. Dia sangat eksplosif. Jadi saya yakin bahwa ini adalah pertarungan yang berbahaya bagi Khabib,” ucap Volkanovski kepada koran Inggris Daily Mail.

“Namun, jika kamu melihat kualitas Khabib, dia memang berada di level yang lain. Saya percaya bahwa belum ada yang bisa menyaingi kualitas Khabib,” tambahnya.

Juara dunia kelas berat Jan Blachowicz juga menjagokan Khabib untuk memenangkan pertarungan ini. “Dia akan menang submission (cekikan) pada ronde kedua atau ketiga. Ini yang saya lihat jika membayangkan pertarungan itu. Saya yakin Khabib akan menang,” ucap Blachowicz yang berasal dari Polandia itu.

Mantan juara dunia kelas berat-ringan dan kelas berat Daniel Cormier menyatakan hal serupa. Dia mengaku melihat Khabib berlatih sangat keras sejak 2012. Menurut, Cormier tidak ada satupun petarung di kelasnya yang bisa mendekati kualitas sang juara asal Dagestan, Rusia tersebut.

Baca Juga :  Menghajar Sangat Brutal, Lawan Jatuh Dua Kali, Rebut Sabuk Juara Dunia

“Tidak ada satupun yang punya komitmen melebihi Khabib,” ucap Cormier. “Jadi, saya yakin tidak ada satupun yang bisa mengalahkan dia. Saya sangat percaya dan yakin bahwa Khabib akan pensiun tanpa sekalipun tersentuh terkalahkan,” ucap Cormier kepada MMA Fighting.

Khabib mencatat rekor sempurna dalam perjalanan karirnya di MMA. Dalam 28 pertarungan, dia menyapu bersih 28 kemenangan. Khabib merebut sabuk juara dunia kelas ringan dari tangan Al Iaquinta pada UFC 223 di Brooklyn, 7 April 2018. Sampai sekarang, gelar itu masih aman dalam genggamannya.

Comment