by

Tiongkok Bakal Tindak Aplikasi yang Bikin Kecanduan Anak-anak

KalbarOnline.com – Pernahkah anak Anda begitu asyik bermain game sehingga menghabiskan sepanjang hari memainkannya tanpa menyadarinya? Yup, terlalu sering bermain game di smartphone bisa membuat anak kecanduan.

Terkait hal tersebut, pemerintah Tiongkok telah merevisi Undang-undang (UU), yang memperketat aturan layanan online atau aplikasi yang dapat ‘menyebabkan kecanduan’ pada pengguna di bawah 18 tahun. Perubahan UU ini diharapkan anak-anak tak kecanduan aplikasi atau game atau layanan online tertentu.

Jika demikian, ini bukan hanya game. Tapi juga  streaming langsung dan  layanan media sosial. Tiongkok tidak langsung melarang penggunaan layanan atau game ini. Tetapi akan menekan perusahaan pembuat game atau layanan streaming agar memiliki alat pembatas penggunaan. Jika tidak, langkah tindakan lanjutan seperti melarang aplikasi tersebut akan dilakukan.

Ini sebenarnya bukan pertama kalinya Tiongkok memperkenalkan peraturan untuk membantu mengekang sifat adiktif dari layanan dan permainan online. Pemerintah negara itu sebelumnya telah memperkenalkan hal-hal seperti jam malam game, yang membatasi waktu bagi anak di bawah umur untuk bermain game selama seminggu.

Mengingat hal itu di Tiongkok, pengguna biasanya perlu menggunakan kartu identitas yang dikeluarkan pemerintah mereka. Hal tersebut pada akhirnya mempersulit pemain untuk mencoba dan menemukan celah karena tidak semudah hanya mendaftar untuk akun baru dengan alamat email sekali pakai.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed