Nama Presiden Jokowi Dijadikan Nama Jalan di Abu Dhabi

KalbarOnline.com – Nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadikan nama jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Peresmian jalan tersebut berlangsung pada Senin (19/10) kemarin oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, anggota sekaligus Chairman Abu Dhabi Executive Office.

Nama jalan Presiden Joko Widodo, jika dalam bahasa Inggris adalah President Joko Widodo Street. Sedangkan, dalam bahasa Arab bertuliskan ويدودو جوكو الرئيس شارع.

Adapun, Jalan Presiden Joko Widodo terletak di salah satu ruas jalan utama, yang membelah ADNEC (Abu Dhabi National Exhibition Center) dengan Embassy Area, kawasan yang ditempati sejumlah Kantor Perwakilan Diplomatik. Sebelumnya nama jalan tersebut adalah Al Ma’arid Street (bahasa Indonesia artinya pameran) yang menghubungkan jalan Rabdan dengan jalan Tunb Al Kubra.

Baca Juga :  Kerap Bungkam Pengkritik, Xi Jinping Diminta Terbuka Terhadap Kritikan

Dubes RI untuk UEA Husin Bagis yang turut hadir dalam peresmian tersebut mengatakan, penamaan jalan Presiden Joko Widodo merefleksikan hubungan erat RI-UEA. Sekaligus bentuk penghormatan Pemerintah PEA (Persatuan Emirat Arab) kepada Presiden RI dalam memajukan hubungan bilateral RI-PEA.

“Semoga penamaan jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi semakin memperkokoh dan meningkatkan pengeksposan positif hubungan bilateral RI-UEA yang semakin erat belakangan ini,” ucap Husin yang turut hadir dalam persemian tersebut, seperti tertulis dalam keterangan resmi yang diterima KalbarOnline.com dari KBRI Abu Dhabi, Selasa (20/10).

Sebagai informasi, jalan di Abu Dhabi umumnya merupakan nama geografis yang merefleksikan sejarah daratan lokasi jalan tersebut, sekaligus melestarikan budaya dan identitas Abu Dhabi.

Baca Juga :  Tak Ingin Hubungan Kian Parah, Tiongkok Ungkap Niat Berdamai dengan AS

Namun demikian, Pemerintah Abu Dhabi pada tahun 2013 telah melakukan perubahan nama sejumlah jalan utama di Abu Dhabi dengan nama-nama pemimpin besar Abu Dhabi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan, serta untuk mengenang visi, kepemimpinan dan kontribusi mereka dalam membangun masyarakat PEA.

Nama jalan yang diubah adalah Fatima Bint Mubarak Street, Shaikh Zayed Bin Sultan Street, Khalifa Bin Zayed Al Nahyan Street, Khalifa Bin Zayed First Street, Sultan Bin Zayed First Street, Shakhbout Bin Sultan Street, Mubarak Bin Mohammad Street, dan Salama Bint Butti Street.

Comment