Ada Demo BEM SI, Jalan Ditutup Secara Bertahap

KalbarOnline.com – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, akan melakukan penutupan jalan secara bertahap menjelang aksi unjuk rasa yang bakal digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (20/10/2020) hari ini.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo, penutupan jalan secara bertahap itu bakal dilakukan setelah melihat jumlah massa dalam aksi demonstrasi tersebut.

“Kami bakal melakukan pengalihan arus laku lintas termasuk penutupan (jalan) seandainya massa jumlahnya cukup banyak dan menutup Bundaran Patung Kuda, maka arus akan kita tutup di Kebon Sirih, kalau massa membeludak nanti kita tutup di Sarinah,” kata Sambodo kepada wartawan, Selasa (20/10/2020).

Baca Juga :  Fahri: Mas Menteri, Sekolah Mandiri Memiliki Banyak Ekses Negatif Lo!

“Jadi bertahap penutupannya melihat seberapa besar jumlah massa yang melaksanakan aksi unjuk rasa pada hari ini,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) rencananya kembali menggelar demonstrasi penolakan omnibus law UU Cipta Kerja, Selasa (20/10/2020) hari ini.

Dalam tuntutannya, 5000 massa yang diperkirakan hadir dalam aksi unjuk rasa itu mendesak Presiden Joko Widodo atau Jokowi agar segera mencabut undang-undang tersebut melalui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang atau Perpu.

Baca Juga :  Dubes RI Pastikan 1.447 WNI di Beirut Aman Usai Ledakan Dahsyat

BEM SI sejatinya sudah tiga kali menggelar aksi unjuk rasa tersebut. Sebelumnya, BEM SI menggelar aksi tersebut pada 8 Oktober yang dalam aksinya berujung ricuh. Akan tetapi, pada 16 Oktober, kemarin aksi serupa dilakukan dan tidak ada kerusuhan didalamnya. Mereka pun berharap aksi unjuk rasa, besok bisa berjalan aman dan damai. [rif]

Comment