Anies Janji Teruskan Aspirasi Buruh Tolak UU Cipta Kerja

KalbarOnline.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menemui massa aksi buruh menolak Omnibus Law Cipta Kerja di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (8/10) malam. Anies mengaku sudah mendengar langsung dan mendapat aspirasi yang disampaikan para buruh. Dia pun berjanji akan meneruskan aspirasi buruh yang menolak UU Cipta Kerja.

Menurutnya, setiap warga negara berhak menyampaikan pendapat dan setiap warga negara bisa menyampaikan pendapatnya. “Hari ini, kami menghormati hak warga negara untuk menyampaikan pendapat itu (menolak Omnibus Law Cipta Kerja),” tutur Anies di depan para buruh seperti dikutip PojokSatu.id (Jawa Pos Group), Jumat (9/10).

Anies memastikan, bahwa hak penyampaian pendapat itu tetap terjaga dan tidak boleh hilang. “Karena itulah yang membuat negeri kita sebagai negeri yang merdeka,” kata dia. Selanjutnya, Anies menegaskan bahwa pihaknya akan meneruskan aspirasi yang disampaikan para buruh. “Besok, kita akan teruskan seluruh aspirasi itu,” tegasnya.

Baca Juga :  HNW: Sertifikasi Penceramah Kemenag Jadi Kado Buruk untuk Umat Islam

Anies juga berjanji akan melakukan pertemuan. Akan tetapi, ia tak menjelaskan dengan siapa pertemuan itu akan dilakukan. “Disampaikan, disampaikan. Besok kita akan lakukan pertemuan itu,” sambungnya.

“Saya akan pastikan apa yang tadi disampaikan secara lisan, banyak yang merekam disini? Banyak yang merekam? Besok akan diteruskan,” kata dia.

Anies menyatakan, dalam menegakkan keadilan merupakan tanggungjawab bersama, termasuk para buruh saat ini yang tengah berusaha menegakkan keadilan. “Karena itu, jalankan juga (aksi) dengan tertib. Siap tertib?” tanya Anies.

Baca Juga :  Dukung Hilirisasi Industri, PLN Ajak 5 Mitra Strategis Bangun Kelistrikan Berbasis EBT

Anies lantas berpesan agar para buruh membubarkan diri mengakhiri aksinya dan kembali ke rumah masing-masing. “Kita harus buktikan bahwa kita adalah orang-orang yang kata-katanya bisa dipercaya,” tuturnya.

Mantan Mendikbud ini kemudian menyatakan bahwa saat ini masih di tengah pandemi Covid-19. Pun demikian dengan aksi demo menolak Omnibus Law yang dilakukan para buruh. “Ini semua berisiko di sini. Kita tidak ingin ingin saudara-saudara yang merasa dirinya pejuang, pulang ke rumah, justru sakit. Harus semuanya sehat,” kata Anies.

Anies kembali menekankan janjinya untuk melakukan pertemuan seperti yang diucapkan sebelumnya. “Besok akan kita teruskan, betul-betul akan kita teruskan,” ujarnya.

Comment