Festival Iklim 2020 Dibuka, Diwarnai Berbagai Perlombaan

KalbarOnline.com – Festival Iklim 2020 resmi dibuka. Event tahunan ini berlangsung mulai Rabu (7/10) hingga 27 Oktober 2020 mendatang dengan mengusung tema Penguatan Aksi Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim di Masa Pemulihan Pandemi Covid-19. Sejumlah kegiatan akan dilaksanakan dalam rangkaian Festival Iklim 2020. Mulai webinar tentang perubahan iklim hingga sejumlah perlombaan. Di antaranya lomba run & ride, lomba kreasi produk berbahan limbah, lomba foto, vide, TikTok, lomba esai, mewarnai, lomba pantun, lomba poster digital, dan yang lainnya.

Dalam acara jumpa pers virtual Festival Iklim 2020 yang digelar Rabu (7/10), diumumkan bahwa Kementerian Lingkungan Hidup melalui Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim akan mempersiapkan sekaligus meningkatkan wawasan negosiator untuk bicara di berbagai forum internasional. Itu terkait adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di Indonesia. Negosiator tersebut akan berbicara di forum-forum internasional guna memperjuangkan kepentingan nasional bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Presiden Minta Rakyat Terapkan Protokol Kesehatan Selama Liburan

KLHK mempersiapkan negosiator tangguh ini tidak sendirian. Mereka bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri. “Kita meluncurkan capacity building untuk negosiator Indonesia. KLHK bekerja sama dengan Kementerian Luar Megeri mau meningkatkan para negosiator kita yang ikut dalam negosiasi-negosiasi di tingkat global,” ungkap Alue Dohong, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam jumpa pers virtual, Rabu (7/10).

Keberadaan negosiator ini dinilai penting supaya apa yang sudah dilakukan Indonesia terkait kebijakan perubahan iklim dapat diketahui oleh dunia internasional. Supaya Indonesia nantinya tidak dijadikan kambing hitam ketika terjadi perubahan iklim yang dapat merusak alam dan lingkungan.

Baca Juga :  Makan Bergizi Untuk Anak Indonesia Bakal Jadi Program Strategis Nasional Prabowo-Gibran

“Para negosiator ini sangat penting untuk menegosiasikan national interest bangsa Indonesia dan mensosiasikan berbagai kebijakan perubahan iklim di Indonesia. Baik dari aspek mitigasi maupun adaptasi,” tuturnya.

Alue Dohong juga mengatakan, negosiator bisa bicara beragam tema di forum internasional mulai dari isu perubahan iklim, isu kehutanan, by divesity, masyarakat adat dan yang lainnya. “Dengan adanya program ini kita harapkan kita semakin eksis di forum-forum global,” katanya.

KLHK sendiri akan terus melakukan berbagai upaya guna menekan emisi gas rumah kaca. Salah satu caranya adalah dengan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan gambut. “Kita berusaha mencari solusi permanen supaya hutan dan lahan gambut tidak mudah terbakar,” tandasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment