Begini Cara Agar Murah Senyum dan Jadi Orang Bahagia!

Kebahagiaan tidak hanya membuat hidup kita lebih nyaman, tapi juga meningkatkan kesehatan dan bahkan merupakan salah satu faktor panjang umur. Maka itu, kita harus belajar cara untuk lebih banyak tersenyum. Bukankah orang murah senyum itu disukai banyak orang, dan bagaimana sih cara agar murah senyum?

Supaya hidup lebih bermakna, cobalah lebih banyak tersenyum. Membiasakan diri untuk lebih murah senyum bisa membuat Geng Sehat lebih bahagia dan sehat. Yuk, cari tahu cara untuk lebih banyak tersenyum!

Baca juga: Dilarang Senyum, Ritual Pernikahan Unik dari Kongo!

Cara untuk Lebih Bahagia

Berikut hal-hal penting yang perlu diketahui dalam mencapai kebahagiaan:

Apa yang perlu dilakukan: selama satu minggu penuh, cobalah fokus untuk lebih banyak tersenyum. Kamu akan menemukan cara untuk mengingatkan diri agar lebih banyak tersenyum. Penelitian menunjukkan bahwa ketika Kamu tersenyum, mood juga meningkat.

Bagaimana tersenyum bisa meningkatkan kebahagiaan: beberapa ahli berpikir bahwa dengan memaksa diri untuk tertawa, Kamu mengaktivasi otot tertentu di wajah. Otot tersebut berhubungan dengan emosi dan kebahagiaan. Dengan tersenyum, Kamu memberi sinyal ke pusat emosi di otak secara positif.

Tingkatkan motivasi: lebih banyak tersenyum merupakan cara mudah untuk meningkatkan kualitas kehidupan. Kamu hanya perlu tersenyum, dan Kamu akan merasa lebih baik serta termotivasi.

Baca Juga :  5 Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Sedang Marah, Redakan Emosi Seketika

Baca juga: Ayo Senyum, Banyak Manfaatnya Lho!

Berlatih Lebih Sering Tersenyum

Tersenyum adalah respon alami tubuh terhadap suatu hal yang menyenangkan, lucu, dan membahagiakan. Jadi sebenarnya Kamu tidak perlu bantuan untuk mengeluarkan respon tersenyum. Namun, ada situasi-situasi di mana senyuman tidak bisa keluar secara alami atau otomatis. Inilah kenapa Kamu perlu tahu cara agar murah senyum.

1. Latihan Senyum

Senyumlah. Lakukan sekarang saat Kamu sedang membaca tulisan ini. Tunjukkanlah senyuman yang lebar dan hangat, seperti sedang bertemu dengan teman. Sekarang, coba pikirkan suatu hal yang tidak bahagia, namun tetap jaga senyuman tersebut.

Sulit untuk menjaga senyuman ketika Kamu sedang memiliki pikiran negatif. Namun, tersenyum bisa membantu meningkatkan kebahagiaan dan menurunkan pikiran negatif.

2. Buat Pengingat untuk Tersenyum

Sekarang kalau Kamu sudah latihan tersenyum dan sedikit memahami bagaimana tersenyum bisa meningkatkan mood, yang perlu Kamu lakukan adalah ingat untuk tersenyum setiap harinya.

Mungkin Kamu butuh pengingat untuk lebih banyak tersenyum. Pilihlah sesuatu yang sering Kamu dengar, lihat, atau lakukan sehari-hari, sebagai pengingat untuk tersenyum. Sebagai contoh, Kamu bisa memilih suara sebagai pengingat, seperti bunyi HP atau notifikasi email.

Baca Juga :  Perbedaan Postpartum Depression dan Baby Blues

3. Tingkatkan Motivasi

Orang yang tersenyum sambil berbicara biasanya memberikan impresi bahwa mereka percaya diri dan ramah. Hal ini bisa Kamu jadikan motivasi untuk lebih banyak tersenyum.

Cara Agar Murah Tersenyum

Ketiga langkah di atas merupakan faktor terpenting dalam cara untuk lebih banyak tersenyum. Nah, langkah-langkah di bawah ini juga bisa Kamu lakukan supaya bisa lebih mudah tersenyum secara alami:

  • Jangan terlalu memaksa senyuman: cobalah untuk mengeluarkan senyuman yang lebih alami, hangat, dan tulus.
  • Senyumlah setiap kali Kamu ingat tentang senyuman, enggak hanya ketika ada pengingat untuk tersenyum.
  • Pikirkan sesuatu yang sangat Kamu sukai ketika tersenyum, hal ini akan membuat senyuman Kamu menjadi lebih tulus.
  • Ambil nafas yang dalam ketika sedang tersenyum. Hal ini akan membantu melepas stres dan agar Kamu bisa lebih menikmati senyuman tersebut. (UH)
Baca juga: Kok Bisa ya, Bayi Tersenyum Saat Tidur?

Sumber:

VeryWellMind. Smile More for Health, Happiness, and Longevity. September 2020.
Wenner M. Smile! It could make you happier. September 2009.

Comment