5 Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Sedang Marah, Redakan Emosi Seketika

Marah adalah emosi yang manusiawi. Semua orang pasti pernah mengalami hari yang buruk yang memicu kemarahan. Dan saat semua energi negatif dan ketegangan mental benar-benar menumpuk di dalam diri, rasanya seperti ingin melakukan sesuatu untuk melampiaskan energi. Kadang kala, yang kamu perlukan adalah berolahraga dan mengeluarkan keringat. Ini adalah cara yang bagus untuk menyalurkan amarah dengan cara yang sehat dan positif.

Nah, ada beberapa jenis latihan yang cocok untuk dilakukan saat sedang marah karena memiliki efek meredakan kemarahan secara instan. Apa sajakah itu?

Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Ampuh untuk Menghilangkan Stres, Semuanya Mengasyikkan!

Olahraga Yang Cocok Saat Sedang Marah

Saat Kamu marah dan emosi tengah memuncak, daripada melakukan hal yang merusak, lebih baik melakukan olahraga. Inilah olahraga yang cocok dilakukan saat sedang marah.

1. Melempar medicine ball

Kadang kala, saat sedang marah, kita jadi ingin melempar dan membanting barang-barang. Kamu bisa kok melemparkan barang-barang untuk meluapkan amarah tanpa merusak barang-barang. Caranya, kunjungi gym lokal dan pilih medicine ball untuk kamu lempar ke dinding atau tanah sebagai gantinya.

Bantingan bola adalah latihan yang sangat eksplosif untuk melepaskan emosi dan kebetulan bagus untuk inti. Dan setelah kamu menghabiskan energi untuk melempar bola, emosimu akan mereda dan jadi lebih mudah melupakan kemarahan.

2. Berlari

Secara umum, berlari menjadi cara yang luar biasa untuk menghilangkan stres, mengurangi perasaan depresi, dan bahkan meningkatkan kepercayaan diri secara keseluruhan. Tetapi, jika suatu saat kamu mengalami kejadian yang memicu kemarahan, mengubah lari santai menjadi sprint yang intens bisa menjadi latihan untuk mengalihkan perhatian dan pada akhirnya mengubah suasana hati.

Baca Juga :  5 Jenis Olahraga yang Ampuh untuk Menghilangkan Stres, Semuanya Mengasyikkan!

Jika kamu ingin meningkatkan level, kamu bisa lari di tanjakan atau di area perbukitan. Pada akhirnya, kamu akan kehabisan energi untuk marah dan bahkan benar-benar melupakan kemarahan.

Baca juga: Kangen Lomba Lari? Ikut Virtual Run!

3. Yoga

Kemarahan tidak selalu harus dilampiaskan dengan aktivitas yang keras dan membutuhkan banyak energi, seperti latihan intensitas tinggi yang menantang. Kadang, yang kamu butuhkan justru latihan pernapasan untuk membuat dirimu jadi lebih tenang.

Nah, aliran yoga yang lembut dan lancar sebenarnya bisa menjadi cara yang luar biasa untuk menggunakan pernapasan dan gerakan agar negativitas dan ketegangan batin perlahan-lahan mencair. Yoga memaksa fokusmu tertuju pada gerakan yang sederhana dan tarikan napas panjang, daripada pada situasi frustasi yang ada kamu alami. Akhirnya, ini akan membuat kamu melepaskan apa yang tidak bermanfaat bagimu dan membawa pikiran dan tubuh ke dalam keadaan yang lebih damai dan bahagia.

4. Tinju

Meninju samsak yang berat adalah salah satu cara terbaik untuk mengeluarkan agresi sekaligus membakar banyak kalori. Terlebih lagi, tinju merupakan bentuk pertahanan diri yang bagus.

Baca Juga :  Angka Stunting di Kota Pontianak Turun, dari 24,4 di Tahun 2021 ke 19,7 di Tahun 2022

Jika kamu berminat menggunakan tinju sebagai media untuk melepaskan amarah, sebaiknya kamu memukul samsak dalam interval tertentu, misalnya memukul habis-habisan 30-60 detik, diikuti dengan istirahat 30-90 detik. Setelah itu, ulangi lagi langkah ini hingga beberapa kali atau sampai kamu merasa kehabisan energi. Tapi, pastikan pergelangan tangan tetap dalam keadaan lurus saat menyentuh samsak.

Baca juga: Hindari 5 Coping Mechanism Tidak Sehat Ini untuk Mengurangi Stres!

5. Deadlifting

Deadlifting adalah salah satu cara terbaik untuk mengeluarkan agresi. Kamu akan merasakan sensasi yang berbeda saat kamu mengambil beban yang berat dan kemudian meletakkannya kembali. Pastikan kamu menggunakan teknik yang tepat saat melakukan deadlift:

  • Jaga punggung tetap lurus dan otot inti kencang;
  • Turunkan pantat hingga posisi seperti sedang duduk, lalu tarik beban ke posisi berdiri;
  • Kencangkan otot bokong saat dalam posisi berdiri;
  • Turunkan beban dengan cara yang sama seperti saat kamu mengangkatnya.

Menggunakan beban yang tepat dan mengulangi gerakan dalam 3-4 set 6-8 repetisi sangat cocok untuk membangun kekuatan dan juga otot.

Jadi, daripada melampiaskan kemarahan dengan hal-hal negatif, lebih baik lampiaskan dengan melakukan olahraga di atas. Selain meredakan emosi, olahraga ini tentunya juga sangat baik untuk kesehatan.

Baca juga: Tidur dalam Keadaan Marah Berdampak Serius pada Kondisi Mental

Sumber:

Elitedaily.com. Workouts when youre angry.

Popsugar.com. Fitness workout when youre angry.

Comment