Wawancara Eksklusif : Keberhasilan Oppo Reno 4 Menjadi Seri Terlaris Tahun Ini

Seiring pergantian tahun ke tahun, tercatat bahwa pertumbuhan smartphone kian pesat. Hal ini terlihat dari pasar smartphone Tanah Air yang telah dibanjiri beragam produk dan seri yang berbeda dari banyak produsen. Indonesia pada 2015 tercatat oleh badan riset IDC sebagai bagian negara berkembang yang turut mendorong pertumbuhan tersebut.

Pun demikian, perang smartphone di Tanah Air bukan sekedar tentang keberhasilan produsen untuk menjual produk dalam satu waktu. Keberhasilan produsen saat ini sebenarnya terlihat dari komitmen perusahaan untuk menjadi yang terbaik dan menghasilkan teknologi dan fitur smartphone yang dituang dalam inovasi, selain tentunya rasa ppercaya diri akan teknologi yang diusung membantu produsen untuk mendapatkan posisi yang terbaik.

Semenjak kehadirannya di Tanah Air dan mulai debut pertama kali di 2013 lalu, ada tumpuan harapan dilimpahkan Oppo di Indonesia. Meyakini akan kualitas produknya, Oppo kini bisa menyingkirkan semua pesaingnya sehingga menjadi vendor smartphone terfavorit di Indonesia. Bahkan, pada tahun ini ada produk terbarunya yang dirilis dan menjadi primadona di pasaran karena tercatat paling laris.

OPPO Reno4 yang baru saja dirilis pada 6 Agustus lalu, ternyata menjadi Reno Series paling laris, bila mengacu pada jumlah unit yang terjual pada pre-order pertama. Dibandingkan dengan seri pendahulu, Reno3 Series, terjadi peningkatan 32,5% dibanding dengan pre-order pertama Reno3. Lalu, apakah yang membuat seri ini menjadi paling laris dan rahasia apa dibaliknya?

Berikut kutipan wawancara redaksi Arenalte.com dengan PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Medianto :

Oppo Reno4 tercatat menjadi seri yang laris pada tahun ini, apakah menjadi nomor satu dalam keluarga seri Reno saja atau secara menyeluruh?

Ya, memang Reno4 menjadi penjualan terlaris dibandingkan dengan keluarga Reno yang lain. Dibanding dengan Reno, Reno2 dan Reno3 series. Reno4 memegang rekor penjualan sebagai perangkat Reno terlaris, sementara itu Reno 10x Zoom menjadi perangkat Reno high end serie syang paling laris diantara seri Reno lainnya.

Berapa besar peningkatan atau banyaknya produk yang terjual hingga saat ini untuk seri Oppo Reno 4 di pasar Tanah Air?

Peningkatan bisa dilihat dari angak pemesanan perdana. Reno4 mencatatkan kenaikan 32.5% jika dibandingkan dengan OPPO Reno3. Sementara seperti di Bandung kenaikannya 98% dibandingkan dengan Reno3 dengan kata lain 190 unit tiap hari berhasil di pesan. Tentunya memang dari produk terdahulu peningkatan bisa dibilang secara naisonal lebih dari 50%.

Menurut catatan perusahaan apa yang menjadi dasar dan alasan smartphone Oppo Reno 4 menjadi laris?

Fitur yang ditawarkan sepertinya menjadi salah satu faktor ketertarikan konsumen, adanya berbagai macam fitur AI Camera seperti color portrait, night flare dan AI monochrome video serta berbagai gesture dan juga hadirnya desain yang fresh dan tipis dengan pilhan warna baru menjadi faktor penariknya.

Bila dibandingkan dengan seri terdahulu Oppo F11 pro yang juga laris pada penjualannya saat itu, berapa besar perbandingan dari Oppo Reno 4 ini?

Secara nasional pemesanan di hari pertama mendapatkan kenaikan sebesar 105%, penjualan pun sama dengan point2 lebih dari 50% kenaikannya.

Baca Juga :  Aplikasi Anak Negeri Bantu Pesan Makanan dan Disantap di Mobil

Startegi apa yang dijalankan oleh pihak Oppo sehingga berhasil membawa seri Reno 4 menjadi smartphone terlaris saat ini?
Mendengarkan apa yang di inginkan konsumen merupakan kunci bagaimana produk ini sukses. Dalam mebuat produk kita selalu melibatkan konsumen dalam sebuah survei untuk mengambil feedback dari mereka. Kemudian meramu smartphone yang tepat tidak hanya dari fitur namun sisi desain dan juga.

Dengan meningkatnya penjualan yang berhasil dicatatkan ole seri Reno 4, apakah ada kemungkinan harga yang diberikan saat ini akan naik? Apa alasannya?

Tidak ada, Reno4 tidak akan naik sampai saat ini, tida ada rencana untuk itu.

Sistem apa yang membuat penjualan Oppo Reno 4 laris dijalankan, secara online atau offline? Adakah sistem kerjasama khusus atau treatmen yang diberlakukan perusahaan terhadap pihak ketiga?

Sistem penjualan yang digunakan saat ini melalui online, dengan portal sendiri https://store.oppo.com/id/ , beberapa OPPO Official Store di e-commercer seperti Akulaku, Blibli, Lazada, Tokopedia dan JD.ID, melalui WhatsApp OPPO Indonesia di nomor 08159550000 dan juga jaringan OPPO Store dan dealer di seluruh Indonesia. Tidak ada treatmen khusus yang diberikan, semua kedudukannya sama di mata OPPO.

Ada berapa varian yang disediakan oleh Oppo khusus untuk seri Reno 4 ini, dan apakah produk laris ini akan juga disediakan varian khusus dalam jumlah terbatas sehingga produk lebih eksklusif?

Akan ada 3 jenis, Reno4, Reno4 Pro dan Reno4 F. Sampai saat ini kami belum berencana untuk membuat sebuah varian khusus.

Apa saja paket penjualan yang disertakan oleh Oppo untuk Reno 4 saat ini, dan bagaimana layanan after sale yang diberikan perusahaan?

Saat ini kami hanya bekerjasama dengam e-commerce dan bundling operatore, selain itu pada beberapa toko offline kami dapat melakukan tukar tambah melalui laku6 dan juga promo cicilan melalui homecredit dan akulaku.

Baca Juga :  Redmi 9A, Masih Layak Bagi yang Mencari Smartphone Murah

Sama seperti seri OPPO lainnya, konsumen bisa memanfaatkan OPPO Store yang tersebar di seluruh Indonesia sebanyak 113 service center yang saat ini ditangani langsung oleh OPPO dan bukan pihak ketiga. Pengguna dapat memanfaatkan layanan perbaikan kilat 1 hour flash fix, pick up & delivery service, layanan prioritas untuk mendaftarkan diri terbelbih dulu sebelum datang ke SC. Selain itu pengguna dapat memanfaatkan aplikasi OPPO Service untuk melihat harga sparepart dan mengetahui status perbaikan perangkat

The post Wawancara Eksklusif : Keberhasilan Oppo Reno 4 Menjadi Seri Terlaris Tahun Ini appeared first on KalbarOnline.com.

Comment