Perkuat Daya Ungkit Ekonomi Dikala Pandemi, Jokowi Minta Potensi Desa Dikembangkan

KalbarOnline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ruang bagi warga desa untuk mengembangkan potensi lokalnya. Jika perkembangannya baik, pemerintah akan memberikan sejumlah fasilitas, seperti akses ke permodalan, teknologi dan peningkatan keterampilan.

Untuk itu, Jokowi meminta jajaran kementeriannya mengembangkan potensi desa untuk memperkuat daya ungkit ekonomi, sehingga mampu bertahan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

“Untuk memperkuat daya ungkit desa, setiap desa perlu mengembangkan potensi lokalnya, baik berkaitan dengan pertanian, wisata desa, dan industri yang ada di desa,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas tentang Percepatan Peningkatan Ekonomi Desa di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (24/9/2020).

Baca Juga :  SBY Minta Pemerintah Ungkap Dalang Demo UU Cipta Kerja Agar Tak Saling Curiga

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta pengembangan potensi desa ini tidak dilakukan dari atas ke bawah, melainkan memberikan ruang partisipasi dan kreasi warga desa untuk mengembangkan potensi lokalnya.

“Jangan semuanya dilakukan secara top-down, dari atas, tetapi juga berikan ruang partisipasi, ruang kreasi bagi warga desa untuk mengembangkan potensi lokalnya,” ujar Jokowi.

Baca Juga :  Pemerintah Segera Menyelesaikan Peraturan Pelaksanaan UU Cipta Kerja

Jokowi menambahkan, jika ada desa yang potensinya sudah kelihatan,  maka pemerintah harus memfasilitasi, seperti diberikan akses permodalan, teknologi, hingga peningkatan keterampilan.

“Saya kira, kalau apa perkembangannya kelihatan ini yang harus difasilitasi, diberikan akses permodalan, teknologi maupun di sisi skill atau keterampilan,” terang Jokowi.

Tidak hanya itu, harus didorong kerja sama antardesa sehingga bisa masuk ke dalam supply chain atau mata rantai usaha yang lebih luas lagi, sehingga pelaku usaha di desa bisa naik kelas. [rif]

Comment