Mulai 2021, Huawei Dikabarkan Tinggalkan OS Android

KalbarOnline.com – Huawei telah meluncurkan sistem operasi alternatifnya sendiri tahun lalu. Dijuluki HarmonyOS, awalnya muncul pada perangkat seperti speaker pintar dan perangkat yang dapat dikenakan. Namun, sekarang tampaknya perusahaan siap untuk menghadirkannya ke ponsel.

Hal itu didasarkan pada pengumuman yang dibuat oleh Richard Yu, CEO bisnis konsumen Huawei pada konferensi pengembang perusahaan selama peluncuran versi kedua dari HarmonyOS. Menurut The Verge, Yu menyatakan bahwa versi smartphone dari sistem operasi mereka akan tersedia untuk pengembang pada Desember 2020.

Ini mengisyaratkan bahwa ponsel yang menjalankannya bakal mendarat tahun depan. Jika sesuai jadwal dan benar-benar bisa dibuktikan, ini berarti Huawei akan 100 persen siap memutuskan hubungan dengan OS Android dan melepaskan ketergantungannya dari salah satu OS paling populer di dunia itu dan beralih pada OS-nya sendiri.

Baca Juga :  Dari Earphone Hingga Notebook, Ini 6 Produk Andalan Baru Huawei
Ilustrasi: Smartphone flagship Huawei P40 Pro. (Gizmochina)

Sementara dikutip dari TechRadar, smartphone flagship Huawei P50 kemungkinan adalah perangkat yang benar-benar siap akan menjalankan HarmonyOS. Namun, perusahaan akan mengujinya pada perangkat dengan profil yang lebih rendah dahulu.

Selain itu, Huawei juga telah meluncurkan OpenHarmony, yang memungkinkan pengembang untuk mengambil versi open source dari HarmonyOS dan memodifikasi atau membangunnya. Awalnya OpenHarmony akan terbatas pada perangkat yang sangat rendah dengan hanya 128 MB RAM atau kurang. Tapi, tampaknya akan meningkat menjadi 4 GB pada April, dan batas tersebut akan dihapus pada Oktober 2021.

Baca Juga :  Tips Bikin Tugas Sekolah Video Presentasi dengan Mudah, Yuk Dicoba

Meluncurkan sistem operasi ponsel cerdas baru pada saat ini pasti menjadi prospek yang menakutkan. Huawei pasti akan menghadapi perjuangan berat. Tetapi jika ada perusahaan, selain mungkin Samsung yang mampu melakukannya, itu adalah Huawei. Menarik untuk melihat bagaimana hasilnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment