Pabrik LG Cikarang Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 Setelah 238 Dinyatakan Positif

KalbarOnline.com – Klaster baru penularan Covid-19 kembali muncul dilingkungan tempat kerja. Kali ini terjadi pada perusahaan LG Elektronik yang berada di kawasan MM2100 Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Tidak tanggung-tanggung, dilaporkan penularan Covid-19 telah menginfeksi 238 karyawannya.

Klaster baru Covid-19 ini terbentuk bermula dari salah satu karyawan staff office yang dilaporkan meninggal dunia karena penyakit yang menyerang paru-paru tersebut.

“Kasus awalnya ada pekerja di staff office meninggal tanggal 19 Agustus di Rumah Sakit Pasar Rebo Jakarta Timur karena Covid-19,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penangan Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah Selasa (25/8/2020).

Baca Juga :  Klarifikasi ‘Mimpi Bertemu Rasulullah’ Sempat Tertunda, Haikal Hassan Kembali Datangi Polda

Karena karyawan LG yang terpapar Covid-19 tersebut biasa bekerja mobile atau kerap di lapangan dan bertemu banyak orang, maka pihak Pemkab Bekasi melakukan swab test massal di perusahaan elektronik tersebut. Ada sekitar 600 karyawan yang diperiksa saat itu.

Dari pemeriksaan swab test tersebut ditemukan 238 karyawan perusahaan LG terpapar. Baik itu karyawan yang bekerja di kantor maupun di bagian produksi.

“Lalu dilakukan PCR massal hari Jumat karena almarhum termasuk staff office yang mobile. Ditemukan 238 karyawan positif dari 600 karyawan yang diperiksa,” kata Alamsyah.

Baca Juga :  Wuih Keren, Bus JR Connexion Sediakan Bagasi Khusus Sepeda

Ia mengatakan, saat ini pihak Pemkab Bekasi tengah melakukan tracing dan test swab ke seluruh orang terdekat karyawan LG yang terpapar Covid-19.

“Saat ini sedang tracing contact dan tes swab,” ujar Alamsyah.

Atas temuan ini, Alamsyah memastikan perusahaan LG sudah menutup aktivitasnya dalam memproduksi berbagai barang. Sesuai dengan prosedur penutupan dilakukan dalam 14 hari ke depan.

“Semua sudah tutup. Setelah 14 hari akan kita evaluasi kembali,” paparnya. [rif]

Comment